245.785 Meter Persegi Lahan Masih Dipakai Galian C

245.785 Meter Persegi Lahan Masih Dipakai Galian C

Dengan begitu, sejumkah kepala keluarga yang semula mengandalkan pendapatan dengan menjadi pekerja galian c. Minimalnya punya penghasilan alternatif untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya.

“Ya lumayan mereka dapat untuk penghasilan sehari-hari. Dapatnya berapa, tergantung jumlah kiloan sampah daur ulang yang bisa dijual kepada pengepul,” tuturnya.

Terkait kemungkinan adanya rencana penambahan jumlah warga yang bisa diijinkan memilah sampah di TPA, Syukur mengungkapkan, hal tersebut bisa saja terjadi. Hanya saja kendalanya adalah kesiapan pengepul untuk menampungnya.

Bila lebih banyak sampah dari ulang yang bisa dikumpulkan warga tapi pengepulnya kapasitas modalnya terbatas, hal tersebut juga bukan menjadi solusi.

“Pengepulnya kalau untuk sekarang masih terbatas, ada seorang pengepul besar, namanya H Majenang. Kalau lebih banyak pengepul besar yang siap menampung sampah daur ulang yang dipilah warga, ya silahkan saja,” imbuhnya.

Berdasarkan sejumlah data yang dihimpun Radar Cirebon, sedikitnya 491.273 meter persegi luas lahan bekas penambangan pasir. Kemudian 245.785 meter persegi dalam status aktif dilakukan penambangan, terutama manual. (azs)

https://www.youtube.com/watch?v=APe1-euRvIY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: