KAMI Bukan untuk Makzulkan Presiden

KAMI Bukan untuk Makzulkan Presiden

JAKARTA-Din Syamsuddin memastikan, Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) digagas dan dibentuk atas dasar gerakan moral.

Tidak ada upaya menjatuhkan apalagi memakzulkan kepemimpinan Presiden Jokowi. Pembentukan KAMI berlangsung di kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan pada Minggu (2/8).

“Begini ya, KAMI ini nantinya akan mengkaji berbagai permasalahan di Indonesia dan menawarkan solusinya. Jelas ini bukan gerakan politik praktis kekuasan. Tidak ada satu katapun bahwa gerakan ini ingin memakzulkan atau memberhentikan seseorang atau sebuah rezim, ingat,” terang mantan Ketua PP Muhamadiyah Din Syamsudin itu.

Beberapa hal yang mendasari lahirnya kelompok ini, kata Din, seperti adanya pembahasan untuk berbagai aturan yang dianggap menyimpang. Mulai dari UU Haluan Ideologi Pancasila (HIP), Minerba, hingga Omnibus Law. ”Fokusnya jelas, nanti ada outputnya. Ya kedepan jangan ada produk hukum dan perundang-undangan yang menyimpang dari UUD 1945, itu intinya,” jelas tokoh Muhammadiyah itu.

Acara ini, disebut Din, belum menjadi deklarasi pendirian KAMI. Pihaknya masih bersiap untuk mengumpulkan orang, memetakan permasalahan, dan baru akan mendeklarasikannya pada pertengahan Agustus mendatang.

”Hari ini (kemarin, red) belum dideklarasikan, nanti perlu bersama-sama semua pendukung yang bersetuju tentu ada kesepakatan kita rumuskan apakah namanya deklarasi, maklumat, piagam, petisi, pernyataan, keprihatinan untuk menyelematkan Indonesia,” katanya.

Untuk diketahui, sejumlah pihak berkumpul pada pertemuan tersebut. Para tokoh dan aktivis yang hadir dalam acara itu antara lain Abdullah Hehamahua, Rocky Gerung, MS Ka\'ban, M Said Didu, Refly Harun, Syahganda Nainggolan, Prof Anthony Kurniawan, Rohmat Wahab, Ahmad Yani, Adhie M Massardi.

Ada pula Moh Jumhur Hidayat, Ichsanudin Noorsy, Hatta Taliwang, Marwan Batubara, Edwin Sukowati, Joko Abdurrahman, Habib Muhsin Al Atas, Tamsil Linrung, Eko Suryo Santjojo, Chusnul Mariyah, dan Sri Bintang Pamungkas.

Ahmad Yani mengatakan, koalisi ini sudah didukung berbagai kalangan yang tersebar di berbagai daerah. Terhitung sudah ada 150 tokoh yang akan ikut bersama pihaknya mengkritisi tindakan pemerintah.

”Yang ikut ada 150 lebih dan terus menerus menyatakan dukungan. Tidak hanya di Jakarta tapi juga di seluruh Indonesia,” imbuhnya. (fin/ful)

https://www.youtube.com/watch?v=J1v9QE8UCRo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: