SMK Nusantara Weru Lakukan KBM Mixed Method

SMK Nusantara Weru Lakukan KBM Mixed Method

CIREBON – Di masa pandemi Covid-19, SMK Nusantara Weru melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan mixed method (metode campuran/gabungan). Yaitu, dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) dengan menggunakan WhatsApp (WA) atau lainnya, dan luring (luar jaringan) dengan menggunakan lembar kerja siswa (LKS), lembar kerja peserta didik (LKPD) serta sumber literatur lain secara mandiri.

Kepala SMK Nusantara Weru, H Zaenal Abidin MSi menuturkan, demi keberlangsungan proses KBM pada masa pandemi Covid-19 secara daring maupun luring, pihaknya juga menerapkan protokol kesehatan. Yakni, menyemprotkan cairan disinfektan secara berkala di sekolah, seluruh warga sekolah atau tamu wajib diperiksa suhu tubuhnya, wajib mengenakan masker, wajib mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer.

“Untuk bahan ajar, LKS atau LKPD yang membuatnya masing-masing guru mata pelajaran. Di mana nanti, orang tua siswalah yang mengambil langsung LKS. Kita juga berikan stimulus kuota internet tiap bulannya Rp25ribu per siswa berupa voucher internet sesuai provider nomor telephonnya. Kami juga berikan masker gratis untuk orang tua. LKS ini kemudian dipandu oleh guru secara daring. KBM dimulai dari pukul 07.00-12.30 tiap hari Senin sampai Jumat,” papar H Zainal.

Lebih lanjut, H Zainal menambahkan guru bersama staf tetap wajib hadir ke sekolah seperti biasa dengan menerapkan protokol kesehatan. “Tiap hari guru tetap hadir untuk melaksanakan KBM, persiapan perangkat pembelajaran, pembuatan materi LKPD. Kita juga lakukan home visit wali kelas jika dirasa ada kesulitan dalam KBM,” ungkap H Zainal disampingi Wakasek Humas SMK Nusantara Weru, Irwan Al- Azis SPd.

Selain itu, didalam pelaksanaan KBM dibuat grup chatting WA ditiap kelasnya dengan dikendalikan oleh walikelas, dan kepala sekolah. Program studi kejuruan SMK Nusantara Weru ialah Teknik Otomotif Kendaraan Ringan, Teknik Bisnis dan Sepeda Motor. Teknik Pemesinan dan Teknik Audio Vidio.

“Ada 700 lebih siswa SMK Nusantara Weru yang melaksanakan KBM secara daring maupun luring ini, dan Alhamdulillah semua siswa koperatif untuk melaksanakannya. Semoga Covid-19 ini segera berakhir, kita semua senantiasa diberi kesehatan dan perlindungan oleh Allah SWT,”pungkasnya. (via/opl)

https://www.youtube.com/watch?v=S1yVJ4FvbDQ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: