1.011 Mahasiswa Dilepas KKN Secara Virtual

1.011 Mahasiswa Dilepas KKN Secara Virtual

CIREBON– Pandemi covid-19 membuat aktivitas akademik di Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon sebagian dialihkan secara virtual. Termasuk pelepasan peserta Kuliah Kerja Nyata Penerapan Keterampilan Mahasiswa (KKN-PKM) tahun akademik2019/2020 semester genap.

Kegiatan tersebut dilakukan secara virtual. KKN juga dilakukan dengan cara berbeda. Peserta cukup di tempat tinggal masing-masing untuk melakukan pengabdian masyarakat. Kepala LPM Harmono SH MH mengatakan, pelaksaan KKN dimulai 10 Agustus dan berakhir 17 September atau selama 35 hari.

Mahasiswa yang ikut KKN sebanyak 1.011 orang dan untuk kali ini mengambil tema: \"Komitmen Mengabdi dan Memberdayakan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19.\" dengan lokasi KKN di alamat tinggal sesuai KTP masing-masing mahasiswa.

Peserta terdiri dari Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Peartanian (Faperta) dan Fakultas Teknik (FT). Mereka akan dibimbing dosen pembimbing lapangan (DPL) sebanyak 50 orang. “KKN ini bentuk komitmen mengabdi dan memberdayakan masyarakat di tengah pandemi covid-19,” tutur Harmono, kepada Radar Cirebon, Senin (10/8).

Berbagai program dilaksanakan peserta KKN, seperti pemberdayaan jaring pengaman sosial desa, peningkatan kinerja aparatur desa, dan program kemandirian pangan ditengah covid-19.

Diharapkan, meski KKN di tempat domisili masing-masing namun tetap satu tujuan yakni, mengembangkan potensi mahasiswa dan mengaplikasikan kemampuan serta pengetahuannya.

Rektor UGJ, Dr Mukarto Siswoyo MSi menambahkan, KKN bagian implementasi tri darma perguruan tinggi. Ada proses pengabdian masyarakat secara simultan.

Rektor berpesan kepada mahasiswa agar menjadi sosok yang hadir di tengah masyarakat serta  melakukan hal-hal positif. “Ini memang berbeda, di tengah pandemi tidak seperti tahun sebelumnya. Sekarang menjadi serba terbatas, tapi sebagai insan terbatas  kita jangan mundur,” tandasnya.

Meski dilakukan di alamat sesuai KTP mahasiswa, KKN tahun justru perlu usaha ekstra. Terutama menaati protokol kesehatan pencegahan covid-19. (abd/adv)

https://www.youtube.com/watch?v=mtWV3CtajKk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: