Jokowi Resmikan Jalan Tol Aceh-Sigli Sepanjang 74 Km

Jokowi Resmikan Jalan Tol Aceh-Sigli Sepanjang 74 Km

JAKARTA- Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 74 kilometer yang merupakan pertama di Provinsi Aceh pada Selasa (25/8).

Presiden mengatakan, pembangunan infrastruktur menjadi salah satu strategi yang memberikan daya ungkit untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional.

“Pertumbuhan ekonomi dan pemerataan ekonomi di Pulau Sumatra. Dan tentu saja bisa meningkatkan efisiensi untuk waktu tempuh. Ini data yang saya terima akan meningkatkan efisiensi waktu tempuh 53 jam sepanjang koridor pembangunan ini,” ujar Jokowi di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Selasa (25/8).

Kepala Negara mengetahui bahwa untuk menyambungkan Aceh sampai ke Lampung yang memiliki panjang 2.765 kilometer, ini diharapkan akan mendorong pertumbuhan, akan mendorong pemerataan ekonomi.

Selain itu, menurut Presiden, pembangunan jala tol juga diharapkan meningkatkan multiplier effect 2-3 kali, dan akan luar biasa kalau ini selesai tahun 2024.

”Ini menyerap tenaga kerja 296.000 lapangan kerja secara langsung untuk 18 ruas yang ada. Dan saat ini menyerap tenaga kerja 24.700. Tenaga kerja ini memang sangat banyak sekali,” tandas Presiden.

Presiden berharap dengan adanya tol tersebut dapat membangkitkan perekonomian di Aceh secara luas dan goal-nya adalah menciptakan lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya.

Pada kesempatan itu, Presiden juga menitipkan pesan kepada Gubernur Provinsi Aceh agar nantinya jalan tol tersebut disambungkan dengan sentra-sentra pertanian, sentra-sentra pariwisata, sentra-sentra kawasan industri sehingga betul-betul bermanfaat bagi masyarakat di Aceh.

”Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim jalan tol ruas Sigli-Blang Bintang seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang hari ini saya nyatakan diresmikan,” tandas Presiden.

Turut hadir dalam acara kali ini, KSP Moeldoko, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri BUMN Erick Thohir. (dal/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=xq3j1noiJ3s

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: