Siapkan Mobil Pengangkut Sampah Keliling

Siapkan Mobil Pengangkut Sampah Keliling

CIREBON – Pasca penutupan tempat pembuangan sampah (TPS) di Jalan Ciptomangunkusumo, Dinas Lingkungan Hidup telah menyiapkan dua unit mobil pengangkut sampah keliling, untuk mengangkut sampah dari lingkungan warga.

Kepala Seksi Penanganan Sampah Dinas LH Kota Cirebon Ruliyanto menuturkan, sebelum diambil keputusan menutup permanen TPS Cipto yang berada di dekat lampu merah pertigaan Sunyaragi, pihaknya telah berkordinasi dengan para Lurah dan RW yang terdampak.

Dalam hal ini, TPS Cipto tersebut sebelumnya difungsikan untuk membuang atau menampung sementara sampah yang dikumpulkan dari belasan RW pada tiga Kelurahan, yakni sebagian di Kelurahan Kesambi, Sunyaragi, dan Drajat.

Dalam satu hari, TPS tersebut menampung stara 6 kubik sampah dari belasan RW, untuk diangkut menuju tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) Argasunya. Namun, dengan penutupan ini maka sampah tidak lagi ditampung sementara.

Jika dikonversikan dalam satuan berat, volume sampah yang tertampung sementara setiap hari di TPS tersebut mencapai 2 ton dalam kondisi kering. Atau bisa sampai 4 ton lebih jika dalam keadaan basah.

Menurutnya, untuk sebagian RW di Kelurahan Sunyaragi, pengangkutan sementara sampahnya akan dialihkan ke TPS Jalan By Pass, seberang Gua Sunyaragi, atau di dekat PLTG. Untuk di sebagian RW di Kelurahan Drajat.

“Solusi yang diberikan adalah kami menyediakan dua unit mobil truk pengangkut sampah. Setiap hari akan mobile ke titik penjemputan di lingkungan wargan untuk meloading sampah. Hanya yang masih belum ketemu pengaturan jadwalnya,” ujarnya.

Untuk pengaturan jadwal penjemputan ini, para pengurus RW tersebut tengah bermusyawarah. Agar nanti polanya pada saat penjemputan waktunya efektif, sehingga tidak ada sampah yang menumpuk di kawasan lingkungan warga karena keterlambatan penjemputan.

Seperti diketahui, penutupan permanen TPS CIpto tersebut berlangsung Senin (24/8). Setelah ditutup permanen, Pemkot menggandeng PT Saluyu Vespario untuk menyalurkan program CSR-nya dengan membangun taman vespa di eks TPS tersebut. (azs)

https://www.youtube.com/watch?v=o6HATm57wZY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: