Sampah Menggunung di Desa Kempek

Sampah Menggunung di Desa Kempek

CIREBON-Sampah masih menjadi persoalan utama di Kabupaten Cirebon. Penataan TPS di setiap desa masih minim. Salah satunya di Desa Kempek. Pasalnya di jalan yang menghubungkan Pondok Pesantren Kempek justru dipenuhi tumpukkan sampah yang belum terangkut oleh DLHD Kabupaten Cirebon.

Tumpukkan sampah ini hampir tumpah ke badan jalan. Selain itu tidak terdapat sehingga tidak tertata dengan rapih.

Salah seorang warga, Ahmad mengatakan tumpukkan sampah tersebut tentunya sangat mengganggu pengguna jalan. “Sampahnya sudah mau ke jalan,” ujarnya.

Ahmad mengatakan kondisi ini menimbulkan kesan jika sampah tidak dikelola dengan baik oleh Dinas Lingkungan Hidup. “Numpuk kayak sudah lama nggak diangkut-angkut. Terus sudah nggak ada bak sampah,” tuturnya.

Bau tidak sedap, kata dia, begitu menyengat. Pengendara pun terkadang harus menutup hidung.

Pemerhati lingkungan dan juga duta sampah Jawa Barat, Yoyon Suharyono mengatakan pengelolaan sampah di Kabupaten Cirebon harus ditata dari tingkat desa dan Kecamatan.

“Bukan hanya penyediaan TPA yang bermasalah tetapi juga tingkat TPS juga sangat kacau,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia perlu ada langkah serius dari Pemkab Cirebon khususnya DLHD untuk penanganan sampah. “Tidak satu dua titik TPS. Tetapi banyak TPS yang memang tidak dikelola dengan baik dan terkesan tidak diangku  sampahnya oleh DLHD,” ujarnya.(den)

https://www.youtube.com/watch?v=o6HATm57wZY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: