Roy Suryo Sindir Jubir Presiden Jokowi Mulai Kehilangan Akal Sehat

Roy Suryo Sindir Jubir Presiden Jokowi Mulai Kehilangan Akal Sehat

JAKARTA- Juru bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman mengatakan, influencer memiliki peranan penting dalam transformasi dan demokrasi digital.

Menurut Fadjroel, influencer merupakan aktor digital yang hadir sebagai sebagai key opinion leaders. Dia juga menyebut bahwa Influencer sebagai ujung tombak demokrasi.

Menanggapi itu pemerhati multimedia, telematics dan public health, Roy Suryo menilai, pernyataan itu seperti orang yang kehilangan akal sehat. Menurut dia, Influencer itu hanya untuk suplmene bagi pemerintah, yang mana hanya dipakai bila diperlukan.

“Inilah kalau sudah mulai kehilangan akal sehat, Influencer itu seharusnya hanya Ibarat bumbu (Suplemen) saja, digunakan bila perlu.” Tulis Roy Suryo di akun twiternya, Selasa (1/9).

Dia mengatakan, pemakaian Influencer bukan secara terus menerus seperti yang dilakukan pemerintah sekarang.

Eks kader Partai Demokrat ini kemudian menanyakan fungsi lembaga-lembaga humas pemerintah yang fungsinya sebagai public relations.

“Bukan dijadikan makanan pokok seprti sekarang ini, sehingga lembaga-lembaga PR (public relationsred), resmi jadi unfaedah. Apa dibubarkan saja daripada hanya boros anggaran,” ujar Roy Suryo.

Dia mengatakan, dengan adanya influencer maka peran humas tidak optimal. Dan mereka ditengarai hanya memakan gaji buta.

Di lain sisi, Roy Suryo menyarankan agar nama-nama Influencer pemerintah dipublikasikan ke publik.

“Ada baiknya Influencer-influencer piaraan rezim ini dikenali dan dipublish agar masyarakat tahu (& tidak dipercaya lagi),” katanya.

Sebelumnya, juru bicara presiden, Fadjroel Racman mengatakan, influencer selalu dibutuhkan di era digitalisasi sekarang. Mereka hadir sebagai jembatan komunikasi kebijakan pemerintah dengan seluruh warga.

“Perkembangan masyarakaty digital dengan peran para aktror digital (salah satunya influencer) sebagai kelas menengah adalah keniscayaan dari transformasi digital.” Ujar Fadjroel melalui siaran persnya, yang dilihat FIN pada Selasa (1/9).

Dia mengatakan, para influencer ini akan terus berkembang dalam peran-peran penting membangun jaringan informasi yang berpengaruh terhadap aktivitas produktif sosial ekonomi dan politik. (dal/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=CdmxbMQfTNE

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: