Alexey Lutsenko Juara Etape 6 TdF 2020

Alexey Lutsenko Juara Etape 6 TdF 2020

LUSETTE - Alexey Lutsenko (Astana Pro Team) memenangkan etape 6 Tour de France (TdF) 2020 di Mont Aigoual setelah lolos dari tanjakan kategori 1 di Col de la Lusette. Pembalap Kazakhstani itu dikejar oleh Jesús Herrada (Cofidis) 13 kilometer dari puncak Lusette hingga finis. Ia memperpanjang jarak 55 detik hingga garis finis setelah bertarung sengit dengan Herrada.

Greg Van Avermaet (CCC) menjungkalkan Neilson Powless (EF Pro Cycling) ke tempat ketiga di podim. Sementara Yellow Jersey dipimpin oleh Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep) dengan waktu kurang dari 3 menit.

Tidak ada perubahan di puncak klasemen keseluruhan. Adam Yates (Mitchelton-Scott) mempertahankan Yellow Jersey, unggul 3 detik dari Primoz Roglic (Jumbo-Visma) dan 7 detik di depan Tadej Pogacar (Tim Emirates UEA).

Para penonton puas di Col de la Lusette. Di mana, tim Ineos membuat tempo yang cepat, tetapi tidak biasa terdepan. Hanya Fabio Aru (Tim Emirates UEA) yang mencoba upaya spekulatif untuk memecahkan kebuntuan timnya. Kegembiraan datang di dataran tinggi, di atas Lusette. Pogacar melakukan sprint sebelum waktunya. Tetapi, pembalap Slovenia itu dengan aman bergabung kembali dengan grup Yellow Jersey sebelum finis.

Lutsenko dan Herrada bergabung dengan Nicolas Roche (Sunweb), Rémi Cavagna (Deceuninck-QuickStep), Greg Van Avermaet (Tim CCC), Neilson Powless (EF Pro Cycling), Edvald Boasson Hagen (NTT) dan Daniel Oss (Bora -Hansgrohe). Delapan pembalap lolos di kilometer awal dan membuat keunggulan maksimum 06.30 di atas peloton.

Van Avermaet unggul secara keseluruhan, tetapi melambat ketika balapan pada medan yang lebih terjal, yakni di Cévennes. Tim Ineos mengambilalih di depan peloton.

Pecahan peleton terfragmentasi di lereng bawah Col de la Lusette. Neilson Powless (EF Pro Cycling) dan Lutsenko muncul sebagai pembalap terkuat. Powless mendaki dengan mulus, tetapi kekuatan Lutsenko akhirnya jauh sendirian dengan jarak 13 kilometer.

Lutsenko mencapai puncak Lusette 4 kilometer kemudian dengan keunggulan 25 detik atas Herrada, yang telah melewati Powless. Tetapi, pembalap Spanyol itu tidak pernah tampak  hingga finis. (mid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: