Pandemi Covid-19, Cetak UMKM Tangguh dibawah Binaan Pertamina

Pandemi Covid-19, Cetak UMKM Tangguh dibawah Binaan Pertamina

Pertamina terus melakukan pemberdayaan terhadap para pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM). Salah satunya ialah pemberdayaan UMKM kedai sate kelinci 66. Ditengah Pandemi Corona virus desease 2019 (Covid-19), kedai sate kelinci 66 mampu meningkatkan daya saing dan memperluas produk.

Nur Via Pahlawanita, Cirebon

PEMILIK Kedai Sate Kelinci 66, Puji Astuti, menuturkan, Pertamina telah sukses membina mitra UMKM menjadi pengusaha tangguh di tengah persaingan yang makin kompetitif. Dikatakannya, berkat bantuan CSR, ia bisa mengikuti pameran sekelas nasional bahkan internasional di JCC (Jakarta Convention Centre) beberapa waktu lalu.

\"Alhamdulillah usaha saya dibina, diberi bantuan permodalan, CSR, kemudian produk UMKM kedai sate kelinci seperti abon sate kelinci, abon ikan, kerajinan tangan kulit kelinci, bisa diikutkan dalam pameran JCC. Dengan ikut pameran sekelas nasional dan internasional itu, produk saya semakin dikenal, relasi juga semakin banyak, bahkan sayapun bisa mengembangkan produk-produk lainnya seperti membuka katering sate kelinci, dan lainnya. Saat pandemi Covid19 pun Alhamdulillah usaha tetap jalan, karena kita UMKM juga dilatih di didik untuk bisa fight dan survive,\"tutur Puji saat dijumpai Radar dikedainya, di Jalan P Cakrabuana, Perumahan Grand Duta Kementren, Kamis (3/9).

\"\"

Selain itu, Puji juga digandeng Pertamina untuk menjadi pendamping dan motivator kepada ibu-ibu dan para pelaku UMKM baru. \"Saya digandeng, difasilitasi Pertamina untuk jadi narasumber dan pelatih bagi ibu-ibu UMKM di Desa Mertasinga- Gunungjati. Disana karena surplus ikan, jadi saya mengajari ibu-ibu untuk memasak olahan ikan salah satunya ialah pembuatan abon ikan, dengan begitu ibu-ibu disana bisa hidup dan dapat menyerap lapangan kerja,\"jelasnya.

Diakuinya, secara langsung binaan dan pemberdayaan yang dilakukan Pertamina turut meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekaligus menyerap tenaga kerja. Ditambahkannya pula, Pertamina terus berkomitmen untuk membina dan mengembangkan UMKM sebagai sokoguru perekonomian bangsa agar terus adaptif dan inovatif dalam menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi. \"Mesi terjadi pandemi Covid-19, Alhamdulillah kedai kelinci masih bisa survive, masih bisa terus bertahan diusianya yang ke tujuh tahun ini,\"tukasnya.

Sementara itu, Lurah Kemantren, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Ike Sri Agustina SSTP menyampaikan, tindakan yang dilakukan oleh pemerintah, termasuk Pertamina dengan program CSR, atau mitra binaanya sudah sangat membantu masyarakat dalam meningkatkan usaha kecil menengah. “Sudah ada beberapa masyarakat yang sudah mampu mengembangkan usahanya, tapi kita juga terus berupaya untuk lebih meningkatkan pembinaan kepada pelaku usaha, bagaimana mengembangkan produknya sehingga bisa terus laku dipasaran,”tambahnya.(*)

https://www.youtube.com/watch?v=eIutNvkI_pM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: