Kasus Covid-19 di Indonesia Sudah di Tahap Kritis

Kasus Covid-19 di Indonesia Sudah di Tahap Kritis

JAKARTA - Pengurus Pusat Perhimpunan Manajer Pelayanan Kesehatan Indonesia (PERMAPKIN) Hermawan Saputra menyatakan bahwa banyak sekali manajemen rumah sakit (RS) yang terkena Covid-19.

\"Berbicara manajemen terutama di rumah sakit itu banyak sekali kasus-kasus terkonfirmasi di pelayanan kesehatan,\" kata Hermawan dalam sebuah diskusi daring.

Hermawan menambahkan, ada RS yang setengah dari jumlah manajernya terkontaminasi Covid-19. Menurutnya, hal itu tentu berimbas pada pengelolaan rumah sakit.

\"Kalau 50 persen manajer kena, siapa yang akan mengoperasionalisasikan rumah sakit? Siapa yang akan melakukan tata kelola rumah sakit?\" ujarnya.

Hanya saja, Hermawan merasa tidak perlu menyebutkan satu per satu nama RS tersebut. Namun, ujar dia, banyak manajer di RS mentereng di Indonesia yang terkena Covid-19.

Menurutnya, hal itu berkaitan dengan kelelahan pada tata kelola dan manajemen fasilitas kesehatan. \"Inilah menyebabkan pertimbangan untuk melakukan pengereman darurat itu bukan semata-mata dari angka epidemiologi,\" ujarnya.

Lebih lanjut Hermawan mengatakan, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia yang sudah mencapai angka 210 ribu merupakan critical moment.

Menurutnya, tingginya kasus Covid-19 itu menempatkan fasilitas dan para tenaga kesehatan pada posisi riskan. \"Bayangkan, kalau kasus kita menembus angka 500 ribu atau satu juta yang positif pada tahun ini,\" jelasnya. (yud/JPNN)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: