PSMTI Jalin Silaturahmi dengan Veteran

PSMTI Jalin Silaturahmi dengan Veteran

CIREBON-Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Seluruh Indonesia (PSMTI) Cirebon memberikan dukungan moril dam materil terhadap para pejuang yang tergabung dalam legiun veteran seluruh Indonesia (LVRI), belum lama ini.

Humas PSMTI Halim Eka Wardhana menyebutkan, agenda tersebut merupakan salah satu acara yang wajib dan rutin diadakan setiap tahun oleh PSMTI dalam rangkaian peringatan dan perayaan HUT Proklamasi 17 Agustus.

Biasanya, kata Halim, agenda ini digelar dan dirayakan bersama para warga veteran di Hotel Intan atau pihaknya yang hadir dan mendatangi Gedung Juang 45 yang diselenggarakan oleh LVRI.

Tapi, dalam situasi pandemi Covid-19 kali ini, mereka tidak menyelenggarakan acara yang bersifat kerumunan. Tapi, PSMTI Cirebon tetap menyambung silaturahmi dengan para mantan pejuang yang telah berjasa mempertahankan kemerdekaan dengan acara kunjungan ramah tamah alakadarnya, sekaligus menyampaikan bingkisan kepada para pejuang seperti yang selalu kami lakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Setiap bersilaturahmi dengan para anggota veteran, kami selalu merasa kagum, terharu dan bangga melihat penampilan mereka yang walau sudah renta tetapi masih penuh semangat. Bahkan ada salah satu pejuang yang sudah berusia 100 tahun lebih, nampak sudah sepuh sekali, kami merasa terharu,” ujarnya.

Setiap tahun, bingkisan yang diserahkan selalu berkurang, karena jumlah anggota veteran semakin berkurang karena sudah berpulang. Terakhir, bingkisan yang diserahkan adalah 77 paket, berkurang dibanding tahun lalu.

Pihaknya mengimbau siapapun baik ormas kepemudaan maupun organisasi sosial untuk bersilaturahmi dengan para veteran.

“Jangan pernah melupakan sejarah dan beliau-beliau adalah saksi hidup dan pelaku sejarah dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan,” ujarnya.

Pihaknya mengajak kepada anggota PSMTI untuk terus memberikan rasa hormat dan kagum kepada para veteran, sehingga suasana dan aura semangat yang terpancar dari rona wajah para veteran dengan bersilaturahmi. (azs)

https://www.youtube.com/watch?v=1HIX4K5U3eQ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: