Ridwan Kamil Paparkan Pembangunan Berkelanjutan Jabar di Universitas Hasanuddin Makassar

Ridwan Kamil Paparkan Pembangunan Berkelanjutan Jabar di Universitas Hasanuddin Makassar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memaparkan pembangunan berkelanjutan Provinsi Jabar saat memberikan Kuliah Umum bertajuk "Kepemimpinan Inovatif dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia" di Universitas Hasanuddin, Kota Makassar,-Biro Adpim Jabar-

Radarcirebon.com, MAKASSAR - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memaparkan pembangunan berkelanjutan Provinsi Jawa Barat saat memberikan Kuliah Umum bertajuk "Kepemimpinan Inovatif dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia" di Universitas Hasanuddin, Kota Makassar, Kamis 8 September 2022.

Kehadiran Ridwan Kamil disambut antusias oleh para mahasiswa dan dosen-dosen di Universitas Hasanuddin Makassar.

BACA JUGA:Hasil Liga Europa 2022-2023: Real Sociedad Bungkam Tuan Rumah Manchester United Lewat Gol Titik Putih

Mereka rela duduk lesehan hanya untuk mendengarkan langsung paparan salah seorang pemimpin daerah yang dikenal kerap menginspirasi anak muda itu.

Pada paparan di Aula Prof Syukur Abdullah itu, Ridwan Kamil membuka paparannya dengan mengajak para mahasiswa untuk bersyukur karena masih diberikan nikmat berbangsa dan bernegara. 

Terlebih hidup di Indonesia yang memiliki fondasi Pancasila yang merupakan pemersatu bangsa Indonesia ini sehingga Ridwan Kamil berpesan agar para mahasiswa di sana memegang teguh falsafah negara tersebut.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Minta Infrastruktur Pendukung Piala Dunia U-20 2023 Segera Diperbaiki

Kekuatan Pancasila tersebut selalu ditanamkan Ridwan Kamil selama ini, termasuk di masa kepemimpinannya selama sembilan tahun terakhir ini (lima tahun sebagai Wali Kota Bandung, empat tahun berjalan Gubernur Jawa Barat).  

Menurut Ridwan Kamil, pembangunan berkelanjutan di Provinsi Jawa Barat sudah berjalan dengan baik. 

Adapun tiga hal yang ditekankan dalam pembangunan berkelanjutan yakni keadilan, kerja sama, dan perdamaian. 

BACA JUGA:Dugaan Pelecehan Seksual di Elf Cirebon Kuningan, Siswi SMK Jadi Korban

"Alhamdulillah dari 17 indeks, semuanya membaik, konsep keadilan dari sisi people, (manusia), planet, lingkungan, prosperity, ekonomi, partnership (kerja sama), dan peace (perdamaian), itu banyak diberikan contoh tadi di Jawa Barat," ucapnya.

Selain itu, dia juga memotivasi ratusan mahasiswa yang hadir dalam kuliah umum itu untuk turut berkontribusi mewujudkan Indonesia Emas 2045. 

"Di masa depan, warga kampus yang akan menjemput Indonesia Emas untuk berpartisipasi, berkontribusi dengan keilmuan dan aktivitasnya, membawa Indonesia yang lulus dalam SDGs," kata pria yang biasa disapa Kang Emil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo jabar