Lagi, Empat Orang Pekerja di Papua Tewas Usai Diserang KKB, Begini Proses Evakuasi Jenazahnya

Lagi, Empat Orang Pekerja di Papua Tewas Usai Diserang KKB, Begini Proses Evakuasi Jenazahnya

Ilustrasi kelompok bersenjata-Clker-Free-Vector-Images-Pixabay

Radarcirebon.com, MANOKWARI – Petang tadi, Sabtu 1 Oktober 2022, empat jenazah korban Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tiba di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Papua Barat, Manokwari.

Empat jenazah korban KKB dalam peristiwa penyerangan 14 pekerja jalan Trans Papua Barat, Kamis 29 September 2022, yakni Abbas, Armin, Darmin, dan Yafet.

Mereka meninggal dunia karena diserang oleh KKB saat melintasi jalan Trans Papua untuk menjalankan pekerjaannya.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Barat Kombes Pol Adam Erwindi mengatakan proses evakuasi empat jenazah melalui jalur darat.

Proses evakuasi berjalan aman dan terkendali dari Kabupaten Teluk Bintuni ke Kabupaten Manokwari.

"Empat jenazah korban pembantaian KKB sudah tiba di Manokwari sekitar pukul 17.00 WIT. Empat jenazah saat ini disemayamkan sementara di kamar jenazah RS Bhayangkara Polda Papua Barat. Proses evakuasi berjalan aman dan terkendali," kata Kombes Adam, dikutip dari fin.co.id, Sabtu 1 Oktober 2022.

Dia mengatakan, untuk proses pemberangkatan empat jenazah ke kampung halaman masing-masing sedang dikoordinasikan antara perwakilan keluarga korban dengan pemerintah daerah setempat.

Selanjutnya Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Manokwari H Abdul Rachman Manganti mengatakan empat jenazah direncanakan diberangkatkan ke kampung halaman masing-masing menggunakan pesawat komersial pada penerbangan Minggu, 2 Oktober 2022 pagi.

"Kami telah menerima jenazah empat korban di Manokwari, dan sedang berkoordinasi dengan petugas karantina untuk proses pemberangkatan ke kampung halaman masing-masing pada penerbangan Minggu pagi," ujar Manganti, perwakilan keluarga empat korban.

Kesempatan itu Manganti juga mengimbau kepada keluarga besar Sulawesi Selatan dan kerabat dari salah satu korban asal Manado, Sulawesi Utara agar tetap tenang, memberikan kepercayaan kepada aparat untuk mengejar dan menangkap para pelaku yang tidak berperikemanusiaan itu.

"Atas nama keluarga empat korban, kami mendukung penuh langkah aparat untuk melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap para pelaku agar dapat diproses hukum setimpal perbuatannya," ujar Ketua KKSS Kabupaten Manokwari itu.

Jenazah Abbas, Armin, dan Darmin akan diterbangkan ke Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), sementara jenazah Yafet akan diterbangkan ke Manado, Sulawesi Utara (Sulut). (jun/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase