Tidak Hanya Ciremai, Berikut Ini Gunung di Kuningan Yang Wajib Diketahui

Tidak Hanya Ciremai, Berikut Ini Gunung di Kuningan Yang Wajib Diketahui

Puncak Manik, salah satu gunung yang ada di Kabupaten Kuningan yang memiliki bentuk seperti Gunung Tangkuban Perahu di Bandung.-Tangkapan Layar Video-Youtube

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM - Nama Gunung Ciremai sudah melekat dengan Kabupaten KUNINGAN, namun masih banyak puncak Gunung lain yang dimiliki oleh Kota Kuda ini.

Wilayah Kabupaten Kuningan terutama di bagian selatan dikelilingi jejeran pegunungan yang memanjang hingga perbatasan provinsi.

Sepintas, jejeran pegunungan itu seperti tersambung dengan Gunung Ciremai, gunung tertinggi di Jawa Barat. Padahal kenyataannya tidak demikian. 

Pegunungan yang memanjang ini melintasi berbagai desa di selatan Kuningan hingga Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

BACA JUGA:Sisa Utang Proyek Revitalisasi Waduk Darma Kepada Pengusaha Belum Jelas

Alamnya masih terjaga. Juga ada sumber air panas. Di pegunungan yang dikenal masyarakat dengan sebutan Gunung Tilu ini kabarnya masih ada macan. Titik tertinggi di pegunungan ini adalah Gunung Subang.

Selain itu, jika pagi hari, dari titik tertentu di Kuningan, akan terlihat Gunung Slamet yang berada di Jawa Tengah berdiri gagah. Gunung ini laksana kembarannya Gunung Ciremai.

Kedua gunung tersebut seolah olah saling berhadapan. Gunung Ciremai berdiri di bagian barat Kuningan, dan Gunung Selamat di bagian timur.

Dan tak banyak yang tahu jika Kabupaten Kuningan memiliki lima gunung. 

BACA JUGA:Pimpinan DPRD Kabupaten Kuningan Bergerak, Pansus Gagal Bayar Bukan Gertak Sambal

Salahsatunya gunung yang mirip dengan posisi perahu terbalik. Hampir mirip dengan Gunung Tangkuban Perahu di Bandung.

Hanya saja gunung yang ada di Kuningan ini jauh lebih rendah ketinggiannya dari Gunung Tangkuban Perahu.

Berikut ini lima gunung yang ada di Kabupaten Kuningan. Dikutip dari radarkuningan.com, gunung gunung juga menyimpan misteri dan mitos yang tetap terpelihara dengan baik di tengah tengah masyarakat. 

1. Gunung Ciremai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar kuningan