PENEMUAN Bom Mortir di Laut Cirebon, Pak Kuwu: Untung Tidak Meledak di Kapal, Kan Bahaya

PENEMUAN Bom Mortir di Laut Cirebon, Pak Kuwu: Untung Tidak Meledak di Kapal, Kan Bahaya

Penemuan bom mortir di laut Cirebon ditangani oleh Gegana Brimob Polda Jabar dengan cara diledakan di Desa Bungko, Kecamatan Kapetakan.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Penemuan bom mortir di Laut CIREBON, membuat geger warga Desa Bungko, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten CIREBON.

Kuwu Desa Bungko, Joni Iskandar bersyukur, bom tersebut tidak membuat celaka sejak ditemukan tersangkut di jaring dan dibawa ke darat.

"Untung tidak meledak di kapal, kan bisa bahaya itu," kata Joni, kepada radarcirebon.com di lokasi peledakan bom, Minggu, 5, Maret 2023.

Joni mengungkapkan, peledakan bom mortir oleh Gegana Brimob Polda Jabar sekaligus menjadi edukasi bagi warga khususnya nelayan.

BACA JUGA:Sempat Dikira Emas, Nelayan Bungko Kaget Benda yang di Temukan di Laut Pelabuhan Cirebon Ternyata Bom Mortir

Sebab, penemuan benda seperti ini, bukan satu atau dua kali terjadi. Sebelumnya juga sudah ada nelayan yang pernah menemukan.

"Peledakan bom ini, sekaligus supaya warga mengetahui. Barangkali nanti suatu saat ada yang menemukan lagi," ungkapnya.

Dirinya bersyukur, bom mortir tersebut tidak sampai meledak ketika dibawa ke daratan. Apalagi sempat tersimpan di perahu, diketok dan dikerok bagian karatnya lantaran penasaran.

"Tadi dari kepolisian juga menyampaikan, kalau menemukan lagi tersangkut di jaring agar di buang di laut yang lebih dalam. Supaya tidak nyangkut lagi," ungkapnya.

BACA JUGA:Penemuan Mortir di Desa Bungko Cirebon, Gegana Sudah di Lokasi, Mau Diledakan, Siap-siap

Sebelumnya, nelayan yang menemukan bom mortir di Desa Bungko, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, Zaedi, mengungkapkan kesaksian.

Benda yang merupakan bom peninggalan zaman perang, sempat dikira emas. Bahkan sempat diketok-ketok, karena penasaran dan ditinggalkan di perahunya.

Zaedi kaget bukan main setelah melaporkan temuannya kepada Bhabinkantibmas. Ternyata besi aneh yang ditemukan di tengah laut Pelabuhan Cirebon adalah bom.

"Saya takut juga waktu tahu itu bom, setelah lapor ke Pak Bhabin," kata Zaedi, kepada radarcirebon.com, Minggu, 5, Maret 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: