MUNGGAHAN, Ratusan Ontelis di Cirebon Gelar Tradisi sebelum Ramadhan

MUNGGAHAN, Ratusan Ontelis di Cirebon Gelar Tradisi sebelum Ramadhan

KOAL yang merupakan komunitas sepeda ontel di Cirebon melaksanakan munggahan.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Rantusan ontelis dari sejumlah komunitas sepeda ontel di Cirebon dan sejumlah wilayah lainnya di Jawa Barat dan Jawa Tengah, melaksanakan kegiatan munggahan jelang ramadan.

Kegiatan munggahan dalam rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan ini, dipusatkan di Markas Komunitas Ontel Angkatan Lansia (KOAL) Cirebon Timur di Buntet Pesantren Cirebon. 

"Kegiatan diawali ngontel bareng, dari Balai Kota Cirebon ke Markas Koal Cirebon Timur," ujar Ketua Koal Cirebon Timur, H. Jirjis Hiktitonu, Minggu 19 Maret 2023.

Jirjis menuturkan, bahwa kegiatan munggahan ontelis ini, diikuti oleh sebanyak 300 peserta dari sekitar 15 komunitas ontel di Cirebon, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

BACA JUGA:Nasi Kareng, Kuliner Khas Kuningan Digemari Presiden SBY

Karena menurutnya, selain dari Cirebon, kegiatan munggahan ontelis ini, diikuti juga oleh komunitas ontelis dari Pangandaran, Majalengka dan Brebes.

"Alhamdulillah yang hadir sekitar 300 orang dari Jabar dan Jateng," ujar Jirjis.

Ketua Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Cirebon, Santo Mulyono, menyambut baik kegiatan munggahan ontelis ini. Walaupun direncanakan secara mendadak, namun antusiasmenya cukup besar.

Menurut Santo, kegiatan ini juga, sebagai salah satu bentuk kegiatan menyambut ramadan, yang beberapa hari lagi akan tiba.

BACA JUGA:CUAN NIH! Kuningan Punya Jalan Baru Lingkar Barat, Harga Tanah Langsung Naik

"Munggahan ala ontelis, dengan cara ngontel. Itu merupakan salah satu bentuk kesiapan fisik menghadapi ramadan," ujar Santo.

Opik, salah satu peserta munggahan ontelis asa Astanajapura, juga mengapresiasi kegiatan ini. Mungkin ujar Opik, kegiatan munggahan ini, merupakan kegiatan ontel penutup jelang ramadan.

Anggota dari Paguyuban Ontel Kecamatan Astanajapura (Pokat) ini berharap, kegiatan munggahan ala ontelis ini, bisa terus dilestarikan.

"Semoga bisa dijadikan sebagai agenda rutin ontelis menjelang ramadan," ujar Opik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: