Azrul Ananda : Sepeda Bisa Jadi Transportasi Aktif

Kamis 24-09-2020,07:45 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Resmi menjadi cyclist sejak tahun 2011-2012, Azrul Ananda memiliki pandangan tersendiri atas tren sepeda di masa pandemi ini.

Menjadi hobi baru bagi masyarakat berbagai umum, menurutnya ini memiliki hal positif dan negatif.

Dengan dijadikannya olahraga ini sebagai hobi baru bagi masyarakat ini menjadi hal bagus. Masyarakat bisa berolahraga di luar rumah dengan jarak yang tidak itu-itu saja.

Namun, yang ditakutkan hobi baru ini hanya sekadar untuk pemburu konten saja. Apalagi beberapa pesepeda baru saat ini hanya tidak mematuhi beberapa keamanaan saat melintas di jalan.

\"Yang takut itu, hanya diikuti beberapa saat, berburu konten saja namun tak benar-benar bersepeda untuk berolahraga,\" tuturnya.

Karena berbekal sebagai konten social media, seringkalai pada pesepeda baru ini melupakan keselamatan dalam bersepeda.

Bukan hanya membahayakan diri sendiri hal ini juga dapat membahayakan orang lain, pengguna jalan.

2

Sehingga kini sudah seharusnya saat hendak bersepeda di jalan raya, lengkapi kelengkapan bersepeda seperti helm dan lainnya.

\"Jangan lupa juga adaptasi penyesuaian dulu dengan sepeda, karena biasanya meskipun bisa naik sepeda rata-rata terakhir naik sepeda berpuluh-puluh tahun lalu, jadi sesuaikan dan kuasai dulu baru jalan jauh,\" paparnya.

Menurut Azrul sepeda tentu bisa menjadi salah satu pilihan transportasi aktif, terutama di era pandemi. Sebagai contoh di beberapa negara luar, sepeda sudah menjadi transportasi aktif dan memiliki jalan khusus antar kota bukan jalur.

Pemerintah pun mendukung hal ini dengan memberikan kompensasi misalnya makan siang gratis bagi pekerja yang berangkat ke kantor dengan bersepeda atau berjalan kaki.

Kemudian adapula yang memberikan biaya bagi yang ingin membeli sepeda. Karena beberapa negara luar mengacu pada kesehatan masyarakatnya jauh ke depan.

Bila kesehatan masyarakat tidak terjaga, semakin ke depan biaya kesehatan semakin meningkat, begitupun sebaliknya.

\"Sepeda bisa saja jadi transportasi aktif di kota besar, tentunya dengan dukungan dari pemerintah,\" tukasnya. (apr)

Tonton video berikut:

https://youtu.be/3ci4wgedIeM
https://youtu.be/nT3H4-GFxJo
Tags :
Kategori :

Terkait