102 Nakes di Kabupaten Cirebon Terpapar Covid-19, 1 Meninggal

Rabu 07-10-2020,17:06 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Sebanyak 102 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Cirebon terpapar Covid-19. Satu dari 102 nakes yang terpapar Covid-19 meninggal dunia.

Data tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni saat ditemui Radar Cirebon, Selasa (6/10). Menurutnya, angka 102 nakes yang terpapar merupakan akumulasi dari awal pandemi Covid-19 berlangsung hingga saat ini.

Tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19, kata Enny, terjadi di beberapa lini. Mulai dari dokter, bidan hingga perawat.

Baca juga:

Keluarga Almarhum Kasus Covid-19 Warga Gunungjati Bikin Laporan Polisi

Relawan Jokowi Laporkan Najwa Shihab ke Polisi soal Wawancara Kursi Kosong

Gudang Barang Milik PT FDI di Cirebon Terbakar

2

\"Total ada 102 nakes yang terpapar. satu di antaranya kemarin meninggal dunia dari salah satu puskesmas di Kabupaten Cirebon,\" ujarnya.

Eni membagi kriteria tenaga kesehatan dalam dua kategori. Yaitu yang bekerja di rumah sakit dan puskesmas. Untuk tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit terdapat 53 orang yang tertular.

\"Ada 53 orang yang terkonfirmasi positif dari nakes yang bekerja dirumah sakit, 26 orang sudah sembuh, 15 isolasi dirumah sakit dan 12 lainnya isolasi mandiri,\" imbuhnya.

Sementara untuk tenaga kesehatan yang bekerja di puskesmas, kata Eni, terdapat 49 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Rinciannya, 6 masih dirawat dan isolasi mandiri, satu meninggal dunia dan 42 orang sembuh.

Ada beberapa hal yang menyebabkan banyaknya tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19. Di antaranya karena lalai saat menjalankan tugas maupun di luar tugas, pasien yang tidak jujur dan penyebab lainnya.

\"Kalau untuk APD kita kondisinya cukup. Sudah kita sebar juga ke puskesmas. Banyak juga yang terpapar di luar tempat kerja, misalkan kontak dengan OTG (orang tanpa gejala). saat ini kan memang di kita banyak sekali OTG,\" ungkapnya. (dri)

https://youtu.be/OI8hECDBOtE
Tags :
Kategori :

Terkait