Cuti Bersama, Lalu Lintas di Tol Cipali Ramai Lancar

Rabu 28-10-2020,16:56 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Arus lalu lintas kendaraan di Gate Tol (GT) Palimanan Tol Cipali di hari pertama libur panjang dan cuti bersama mulai tampak ramai lancar.

Namun, peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah sudah mulai terlihat sejak pagi.

Meski sudah tampak ramai, namun tidak ada penumpukan kendaraan. Bahkan, antrean kendaraan di GT Palimanan juga tidak sampai mencapai 1 km.

\"Hingga sore ini (28/10), sudah terlihat ada peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah, tetapi masih lancar dan terkendali,\" ujar Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi, saat meninjau arus mudik di GT Palimanan.

Kapolresta menyebutkan, pihaknya telah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas jika terjadinya penumpukan volume kendaraan.

Hal itu dilakukan untuk memastikan keamanan, ketertiban, keselamatan, dan kelancaran arus kendaraan di wilayah hukum Polresta Cirebon.

Jika arus lalu lintas mulai padat, maka kendaraan akan dikeluarkan di gerbang tol sebelumnya yakni GT Sumberjaya, Majalengka. Nantinya, kendaraan diizinkan masuk kembali ke jalur tol setelah melewati wilayah Kabupaten Cirebon.

2

Begitupun saat terjadi kepadatan kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta di GT Palimanan Tol Cipali, masih kata Kombes Pol M Syahduddi, Kendaraan akan dikeluarkan dari jalur tol di GT Plumbon Tol Palikanci dan diizinkan masuk kembali setelah melintasi wilayah Kabupaten Cirebon.

\"Rekayasa arus lalu lintas tersebut akan bekerja sama dengan Polres sekitar di wilayah Ciayumajakuning. Rekayasa ini akan diterapkan ketika antrean kendaraan di gerbang tol mencapai 1-5 km, dan akan dinormalkan kembali saat arus lalu lintasnya sudah terurai atau antreannya habis,\"katanya.

Menurut Kapolresta, jumlah kendaraan yang melintas dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah di GT Palimanan Tol Cipali mencapai 1500 - 2000 unit perjamnya.

\"Kami (Polresta) juga telah menyiagakan personel untuk memastikan kelancaran arus lalulintas di jalur tol,\" pungkasnya. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait