Pelancong Ingin Liburan yang Aman Penularan Covid-19

Rabu 28-10-2020,18:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

JAKARTA – Protokol kesehatan menjadi daya tarik wisatawan yang ingin menikmati libur panjang akhir pekan ini. Para pelancong akan tertarik berlibur di hotel, tempat wisata, dan restoran yang aman dari penularan COVID -19.

“Mereka akan makan di warung dan menginap di hotel, yang menerapkan protokol kesehatan. Dengan begitu, mereka merasa aman. Ini penting untuk mereka yang akan merencanakan liburan,” ujar Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki di Media Center Satgas Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (27/10).

Bagi konsumen atau turis, yang dicari bukan harga murah atau diskon barang. Melainkan jaminan protokol kesehatan. Karena itu, tempat yang disiplin menerapkan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) akan diminati pengunjung.

“Turis yang berpergian itu punya uang dan berpendidikan. Kalau disadarkan dengan protokol kesehatan memakai masker, makanan higienis, saya kira semua orang tidak takut untuk liburan,” jelas Teten.

Hal senada disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito. Dia mengatakan pelaku UMKM yang menerapkan protokol kesehatan bisa mendatangkan keuntungan. “UMKM kalau disiplin protokol kesehatan akan membuat keyakinan konsumen untuk membelinya. Ini tentu saling menguntungkan,” timpal Wiku.

Menurutnya, ekonomi bisa berjalan dengan baik asal disiplin menerapkan protokol kesehatan. Namun kalau indikator ekonomi berjalan dan kasusnya naik, berarti ada yang tidak disiplin. “Entah itu dari konsumen atau UMKM-nya. Makanya kuncinya harus gotong royong,” papar Wiku. (rh/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=S1L7ZGV5jh0
Tags :
Kategori :

Terkait