Dukung Pertanian, Pemdes Bonang Bangun Irigasi

Minggu 01-11-2020,22:00 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Pemerintah Desa Bonang, Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka, terus berusaha melakukan pembangunan untuk warga. Sadar bahwa sebagian warganya berprofesi sebagai petani, Pemdes Bonang pun membangun saluran irigasi.

Itu dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan sektor pertanian di desanya. Bukan menggunakan dana desa, pembangunan itu dilakukan secara swakelola.

Kepala Desa Bonang, Ai Wulandari menyebutkan, saluran dibangun di Blok Bibit sepanjang 235 meter. Pembangunan itu dilakukan untuk meningkatkan produksi pertanian.

Baca juga:

Kabar Duka: Nakes RSD Gunung Jati Meninggal Dunia Terpapaf Covid-19

18 Kasus Baru Covid-19 di Kabupaten Cirebon, 8 di Antaranya Nakes RS Swasta

Geger Semburan Lumpur di Tukdana Indramayu

2

“Kami membangun saluran irigasi dengan kekuatan maksimal untuk irigasi agar bisa mengalirkan air dengan baik,” kata Ai.

Ia berharap pembangunan ini bisa berdampak pada hasil panen petani. Dengan begitu, penghasilan para petani pun meningkat.

Sehingga akhirnya berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Bonang. Dijelaskan Ai, tim dari BBWS pun sempat meninjau pembangunan irigasi yang dilakukannya itu.

Ia pun meminta warga untuk bersama-sama menjaga hasil pembangunan. Karena pembangunan yang dilakukan adalah dari, oleh dan untuk warga.

“Saat sudah difungsikan, saya harap bisa dijaga bersama-sama. Sehingga manfaatnya bisa terus dirasakan oleh warga,” jelasnya.

Di tengah pandemi ini, ia juga mengingatkan warga untuk tidak melupakan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan. (ara)

https://youtu.be/4d2L-r8twA0

Tags :
Kategori :

Terkait