Corona Mengganas, Kelompok Warga Lakukan Disinfeksi

Senin 07-12-2020,19:01 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Meningkatnya jumlah warga terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Cirebon, membuat banyak warga waswas. Khawatir virus asal Tiongkok tersebut, menular terhadap mereka. Seperti halnya yang dirasakan oleh warga Kanci Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon.

Karena ada warganya yang positif covid 19, warga berinisiatif untuk meminta bantuan kelompok Masyarakat Tanggap Bencana (Astana) untuk melakukan disinfeksi diwilayah mereka.

Yanto menyebutkan, untuk hari ini ada sekitar lima titik, yang akan dilakukan disinfeksi oleh lembaga binaan Cirebon Power ini.

\"Sudah minta bantuan ke pemerintah. Namun prosesnya cukup panjang. Jadi kami meminta bantuan ke kelompok Astana,\" kata Yanto, pengurus karang taruna Desa Kanci, Minggu 6 Desember 2020.

Yanto mengatakan, warga ingin disinfeksi dilakukan segera, karena membuat warga hawatir. Sehingga dengan adanya disinfeksi yang dilakukan oleh kelompok Astana ini, pihaknya sangat mengucapkan terima kasih.

Salam, ketua Astana menuturkan, lembaganya memang aktif dalam tanggap bencana. Namun untuk saat ini, Astana masih fokus membantu pemerintah dalam penanganan covid-19.

Selain disinfeksi, Astana juga sudah melakukan kegiatan lainnya, seperti pembagian masker gratis dan sosialisasi mengenai penerapan protokol kesehatan.

2

\"Kegiatan di Kanci ini, untuk yang kedua kalimya. Namun juga pernah menyelenggarakan kegiatan serupa di desa lainnya,\" ujar Salam.

Plt Kuwu Desa Kanci, Heriyanto juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada kelompok Astana dan Cirebon Power. Pihaknya memang meminta bantuan dari Astana, agar disinfeksi lingkungan, bisa segera dilakukan.

Heriyanto mengakui, bahwa desanya masuk dalam wilayah zona merah covid 19. Bahkan ada juga warganya yang meninggal, diduga karena covid 19. Selain melakukan disinfeksi, pihaknya juga terus mengedukasi masyarakat, untuk menerapkan protokol kesehatan. \"Kami terus mengedukasi masyarakat, terkait protokol kesehatan,\" kata Heriyanto.

Community Development Officer Cirebon Power, Thabiin menambahkan, bahwa kelompok Astana merupakan binaan dari Cirebon Power. Anggotanya terdiri dari anggota sejumlah kelompok yang menjadi binaan Cirebon Power.

Disinfeksi yang dilakukan oleh kelompok Astana ini, sudah dilakukan sejumlah desa. Untuk Desa Kanci sendiri, kegiatan ini dilaksanakan untuk kedua kalinya.

Kebanyakan, permintaan untuk penyemprotan disinfektan, diminta oleh pemerintah desa. Ia juga membenarkan, bahwa selain penyemprotan, Astana juga melakukan pembagian masker gratis dan sosialisasi protokol kesehatan.

\" Kegiatan ini, selain untuk membantu masyarakat, juga membantu pemerintah dalam penanganan covid-19,\" kata Thabiin. (yud/rls)

https://www.youtube.com/watch?v=AM9TpK-gnzg
Tags :
Kategori :

Terkait