Waspada Cuaca Buruk: Ombak Tinggi di Pantai Cirebon-Indramayu dan Angin Kencang hingga 59 Km/Jam

Selasa 08-12-2020,17:14 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Masyarakat di wilayah Kota/Kabupaten Cirebon, Majalengka, Indramayu dan Kuningan (Ciayumajakuning) patut mewaspadai cuaca ekstrem beberapa hari ini. Selain gelombang tinggi di kawasan pesisir, juga ada potensi angin kencang terhitung Selasa hingga Kamis (8-10/12/2020).

BMKG menginformasikan, kondisi kecepatan angin di wilayah Ciayumajakuning terpantau meningkat hari ini dan beberapa hari ke depan disebabkan perbedaan tekanan udara yang cukup signifikan di wilayah selatan Pulau Jawa dan Utara ekuator Indonesia.

Terbentuknya pusat tekanan rendah di wilayah Selatan Pulau Jawa mencapai 993 hPa. Sedangkan di wilayah Utara Ekuator Indonesia mulai terbentuk pusat tekanan tinggi (1030 hPa).

Baca juga: 8-10 Desember, Ciayumajakuning Waspada Angin Kencang hingga 54 Km/Jam

Perbedaan tekanan yang cukup signifikan tersebut sehingga berpengaruh pada peningkatan kecepatan angin di Pulau Jawa termasuk wilayah Ciayumajakuning.

Berdasarkan hasil pengamatan dari BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati hari ini arah angin umumnya dari Barat dengan kecepatan maksimum mencapai 54 km/Jam.

Potensi kondisi peningkatan kecepatan angin diprakirakan dapat mencapai nilai maksimum hingga 59 km/jam dan masih akan berlangsung hingga 2 hari kedepan

Tags :
Kategori :

Terkait