Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Ini Tidak Pelit Berbagi Ilmu

Minggu 20-12-2020,18:01 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

PEREMPUAN diharapkan saling berbagi ilmu agar keterampilan dan kemampuannya semakin bertambah. Begitu halnya dengan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Nurpatmawati SFarm Apt MKes.

Kepada Radar, perempuan yang akrab disapa Nur ini menyampaikan, sebagai seorang leadership jangan hanya mengandalkan orang lain. Namun, perlu juga mengeksplor diri dengan memberi contoh dan berbagi ilmu agar orang lain dapat menjalankan perintah dan mau diajak bekerjasama dalam satu tim untuk mencapai suatu tujuan yang ada.

“Dalam memimpin, kita memerlukan sikap dalam mendorong, membantu, mendukung, dan memberikan inspirasi kepada orang lain untuk membuat kepercayaan mereka, hingga terbentuklah suatu dorongan yang kuat dalam mencapai tujuan secara bersama. Dalam memimpin, kita tak hanya memerlukan atau memiliki power (kekuasaan), namun juga sikap saling menghargai satu sama lain,” tutur Nur saat dijumpai Radar, Sabtu (19/12).

Menurutnya, kepemimpinan adalah proses, bukan jabatan. Kadang orang menyamakan kata kepemimpinan dengan manajemen, padahal dua kata tersebut memiliki perbedaan yang sangat besar. Manajemen, kata Nur, bisa berjalan dengan baik saat tidak terjadi perubahan. Sebaiknya, kepemimpinan melibatkan orang-orang dengan dinamika mereka yang terus mengalami perubahan.

Seringkali juga orang menyamakan perjalanan kepemimpinan mereka dengan karir, padahal seharusnya justru memikirkan perkembangan kepemimpinan. Kepemimpinan yang baik, sebutnya, bukan mengenai pengembangan diri sendiri, melainkan mengembangkan orang lain yang ada dalam tim tersebut.

Untuk menjadi seorang pemimpin, lanjutnya, kita harus memiliki rasa bertanggung jawab dengan mampu mengatasi masalah yang ada, kemampuan untuk mengamati atau menemukan suatu kenyataan dalam suatu lingkungan, kemampuan dalam mencari ide yang fresh, kemampuan bersifat objektif, dan yang terakhir adalah kemampuan berkomunikasi dengan orang lain.

“Komunikasi yang baik sangat dibutuhkan oleh seorang pemimpin, hal ini dibutuhkan agar orang lain mengerti dan paham mengenai apa yang dibutuhkan,” terangnya. (nur via pahlawanita)

2

BIODATA:

Nama   : Nurpatmawati, SFarm Apt Mkes

TTL       : Cirebon, 12 Maret 1975

Suami : Kelani

Anak :

1. Eka Ahmad Tidar Prabowo

2. Dwi Sekar Ayu Mandalawangi

Riwayat Pendidikan:

Tags :
Kategori :

Terkait