Coffee Morning: Pemda dan DPRD Kota Cirebon Sepakat Tuntaskan Masalah Daya Beli Masyarakat karena Pandemi

Selasa 05-01-2021,19:45 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Pemda dan DPRD Kota Cirebon bersepakat membangun sinergitas untuk menuntaskan sejumlah permasalahan yang ada di Kota Cirebon.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis ditemui usai menghadiri coffee morning dengan pimpinan dan anggota DPRD Kota Cirebon di ruang Griya Sawala DPRD Kota Cirebon, Selasa (5/1).

\"Gagasan coffee morning di awal tahun merupakan langkah yang sangat produktif. Kami tadi sepakat menuntaskan sejumlah permasalahan. Terutama permasalahan terkait menurunnya perekonomian dan daya beli masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini. Apalagi yang dibahas sangat menyentuh, karena anggota DPRD menyerap aspirasi masyarakat dan disampaikan kepada Pemda Kota Cirebon untuk penanggulangannya,” ungkap Azis.

Wali Kota Cirebon meminta kepada dinas terkait untuk mencari formula apa yang bisa dipakai tanpa melanggar aturan untuk membantu masyarakat Kota Cirebon yang mengalami keterpurukan.

“Bagaimana kita bisa membuat pedagang serabi dan nasi kuning yang bangkrut untuk berjualan lagi,\" kata Azis.

Sekda, BP4D, Dinas Sosial dan dinas terkait lainnya diminta untuk mencari formula apa yang bisa dipakai dan segera berkoordinasi dengan Wakil Wali Kota Cirebon.

\"Ibu Wakil bisa berkoordinasi setelah Pak Sekda dan jajarannya menyusun payung hukumnya seperti apa,\" ujarnya.

2

Menurut Azis, untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 tidak harus menunggu 2022.

“Kami, Pemda Kota Cirebon, akan segera menolong masyarakat yang terdampak Covid-19. Di 2021 ini Kota Cirebon tetap akan melakukan pembangunan. Sesuai dengan APBD yang telah disahkan, pembangunan akan kita gelar tahun ini. Apalagi saat ini tengah berlangsung musim hujan, sehingga diperlukan perbaikan- perbaikan, baik jalan maupun saluran,\" ucapnya.

Terkait pemberian vaksin untuk masyarakat, Azis menyebutkan, Pemkot Cirebon belum mengetahui berapa beban anggaran yang ditanggung pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Untuk itu kita bersiap melakukan refocusing kembali. Terutama jika beban untuk melakukan vaksinasi tersebut dibebankan kepada pemerintah daerah. Saya yakin dengan sinergitas yang terjalin baik antara DPRD dan Pemkot Cirebon semua permasalahan yang ada bisa ditanggulangi dan diselesaikan dengan baik secara bersama-sama,\" pungkasnya. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait