Embie C Noer: Cirebon Serambi Ibu Kota

Minggu 10-01-2021,11:30 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

PANDEMI Covid-19 adalah momen terjadinya restart pada segala aspek. Termasuk pada bidang seni, budaya, hingga pariwisata. Karenanya, pandemi yang memakan banyak korban ini, harus menghasilkan sesuatu yang monumental. Cirebon sebagai serambi ibu kota.

Hal itu diungkapkan Embi C Noer saat diwawancari untuk Talk Show Warkop WAW yang tayang di RCTV malam ini pukul 19.00 WIB. Embie C Noer mengusung gagasan itu. Cirebon harus menjadi serambi ibu kota.

\"Posisi Cirebon itu secara geografis strategis. Harus jadi etalase, pintu masuknya ibu kota,\" tandas Embie, yang dikenal luas sebagai komposer musik, dan tokoh film tanah air.

Baca Juga: Urutan Kejadian Pesawat Sriwijaya Air Lepas Landas, Hilang Hingga Dikabarkan Jatuh di Kepulauan Seribu

Ditegaskan dia, momen covid-19 harus melahirkan gagasan besar. Karenanya, ia menginginkan pemerintah, seniman, hingga dunia pariwisata memikirkan gagasan besar itu. Agar dua tahun ke depan, atau saat pandemi berakhir, ada sebuah karya monumental yang lahir.

\"Pemerintah harus memberikan dukungan. Tidak bisa hanya memberi bantuan terus menerus yang sifatnya jangka pendek,\" tandasnya.

Untuk dunia pariwisata, Embie meminta untuk berhenti memikirkan target kunjungan. Sebaliknya, justru fokus pada pembenahan dan revitalisasi. Pemerintah pun diminta mengarahkan sumber pendanaannya kepada kepentingan ini.

2

Baca Juga: Basarnas: Kedalaman di Laut yang Diduga Lokasi Pesawat Jatuh Sekitar 25 Meter

Dengan demikian, proyek revitalisasi dapat terus berjalan dan dapat memberikan dampak ekonomi. Jauh lebih besar dari itu, pada saatnya pandemi berakhir, dunia pariwisata dapat benar-benar bangkit dan jauh lebih besar dari saat ini.

Bagaimana dengan seniman dan kebudayaan? Dia pun meminta agar melakukan hal yang sama. Bagaimana seniman duduk bersama pemerintah untuk menentukan gagasan besar yang akan dilakukan setelah pandemi berakhir.

Baca Juga: Pentaskan Tari Cingcowong, Tarian Magis tentang Jailangkung

Dan dalam proses menuju itu, dilakukan persiapan-persiapan yang terarah. Sehingga pada waktunya nanti, semua akan bangkit dari keterpurukan.

Soal dua tahun ke depan, Embie kembali mengingatkan Cirebon sebagai pintu masuk dari ibu kota. Sebab, pada saat itu konektivitas sudah sedemikian terpadu. Tol Cisumdawu sudah terhubung dengan Tol Cipali.

Baca Juga: Satpol PP Kabupaten Cirebon Tertibkan Anak Jalanan Minta-minta Sumbangan untuk Korban Bencana

Keterhubungan ini, sudah barang tentu akan menjadikan Bandara Internasional Kertajati sebagai pintu masuk Indonesia. Begitu juga dengan adanya Pelabuhan Patimban. Sehingga yang harus dipikirkan adalah tidak sekadar jadi pintu gerbang.

Tags :
Kategori :

Terkait