Pemerintahan Trump: Hubungan Indonesia dan Israel Nyaris Normal

Rabu 20-01-2021,17:05 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA – Pemerintahan Presiden Donald Trump mengklaim hubungan Indonesia dan beberapa negara lainnya bisa normal dengan Israel.

Hal itu diungkapkan Media Times of Israel yang mengutip pernyataan dua pejabat Amerika Serikat. Disebutkan bahwa Mauritania adalah negara yang paling berpotensi menormalkan hubungan kembali dengan Israel.

Andai Trump memiliki waktu beberapa bulan ke depan, kedua negara tersebut akan terlibat dalam perjanjian Abraham Accords.

Baca Juga: Anak yang Gugat Ayah Kandung Rp3 Miliar Meninggal Sehari Sebelum Persidangan

Perjanjian Abraham Accord menjadi simbol dibukanya hubungan Israel dengan sejumlah negara muslim seperti Uni Emirat Arab, Sudan, Bahrain, dan Maroko.

\"Kandidat paling mungkin berikutnya untuk bergabung dengan apa yang disebut Abraham Accords adalah Indonesia,\" kata para pejabat AS yang menyebut kesepakatan tersebut bisa terealisasi jika Trump memiliki satu atau dua bulan lagi di Gedung Putih.

Dengan populasi lebih dari 270 juta, Indonesia adalah negara Muslim terbesar di dunia. Itu memberinya \"kepentingan simbolis ekstra,\" bagi pemerintahan Trump, yang menyatakan bahwa konflik Israel-Palestina tidak perlu menjadi penghalang bagi perdamaian antara negara Yahudi dan dunia Muslim dan Arab, seorang pejabat AS menjelaskan.

2

Ada Tanda SOS di Pulau Laki, Dekat Titik Jatuh Pesawat Sriwijaya Air, Tanda Penumpang Minta Tolong?

Ketika pembicaraan Kushner dan Berkowitz dengan Indonesia semakin intensif bulan lalu, seorang pejabat senior pemerintahan mengatakan kepada Bloomberg bahwa Indonesia dapat menerima bantuan pembangunan sebanyak USD 2 miliar dari AS.

“Kami sedang membicarakannya dengan mereka,” kata Adam Boehler, CEO US International Development Finance Corp. yang telah bekerja sama dengan Kushner.

“Jika mereka siap, mereka siap, dan jika mereka siap maka kami akan dengan senang hati bahkan mendukung secara finansial lebih dari apa yang kami lakukan.”

Baca Juga: Lagi, Mayat Wanita Ditemukan di Denpasar, Ada Luka Sayatan di Leher

Pada saat itu, presiden Indonesia mencoba meredam spekulasi, mengatakan kepada Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas bahwa negaranya tidak akan menormalisasi hubungan dengan Israel sampai negara Palestina didirikan.

\"Mauritania dan Indonesia berada di urutan teratas, tetapi itu berubah berdasarkan berbagai keadaan,\" kata seorang pejabat senior AS pekan ini.

\"Anda dapat memasukkan setiap negara ke dalam daftar, ke titik di mana Iran pada akhirnya akan bergabung dengan Perjanjian Abraham.\"

Tags :
Kategori :

Terkait