Tiga Pegawainya Positif, Ratusan Warga Binaan Lapasustik Gintung Diswab

Kamis 21-01-2021,17:22 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

CIWARINGIN - Ratusan warga binaan di Lapasustik Gintung menjalani swab test Kamis 21 Januari. Langkah tersebut diambil untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 setelah tiga pegawainya dinyatakan positif.

Hal tersebut disampaikan Kepala Lapasustik Gintung, Nur Bambang Supri Handono AMd IP SH MH saat ditemui Radar Cirebon disela-sela kegiatan swab test masif dilingkungan Lapasustik Gintung.

Dikatakannya, kondisi tiga pegawainya yang terpapar Covid-19 saat ini sudah membaik. Satu pegawai bahkan sudah dinyatakan sembuh sementara dua lainnya masih menjalani perawatan dirumah sakit.

Baca juga: Resmi, PPKM Diperpanjang 2 Pekan, Jam Operasi Mall Ditambah

\"Ini sebagai langkah antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19. Semua warga binaan kita swab, jumlahnya ada 670-an orang, Sebelumnya ada tiga pegawai kita yang positif Covid-19,\"ujarnya.

Ditambahkannya, untuk kalangan pegawai sendiri sudah dilakukan swab test beberapa waktu lalu. Menurutnya, ada 100 lebih pegawai yang sebelumnya sudah dilakukan swab test di Labkesda pasca ditemukannya tiga kasus positif tersebut.

\"Karena tidak menutup kemungkinan terjadi kontak setelah ada pegawai yang dinyatakan positif, kita sudah swab semua pegawai beberapa waktu lalu, dan harapan kita dari test ini tidak ada yang positif, hasil semuanya negatif,\"imbuhnya.

2

Baca juga: Amanda Manopo Sudah Dua Kali Menikah Muda, Ibunda Bilang Begini

Dijelaskannya, untuk mencegah penyebaran Covid-19 dilingkungan Lapasustik, pihaknya sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Bahkan menurutnya, untuk memastikan hal tersebut selama pandemi Covid-19, pihaknya hanya mengizinkan kunjungan secara online bagi keluarga warga binaan.

\"Kita lakukan semua upaya untuk mencegah penyebaran Covid -19, protokol kesehatan pun kita terapkan secara ketat, termasuk tidak mengizinkan kunjungan langsung tapi hanya melalui online,\" jelasnya.

Baca juga: Listyo Sigit Prabowo Disetujui sebagai Kapolri, Berikut 8 Komitmennya

Sementara itu, Kadinkes Kabupaten Cirebon Hj Eni Suhaeni SKM MKes kepada Radar mengatakan swab test dilingkungan Lapasustik Gintung tersebut dilakukan setelah permohonan dari pihak Lapas disetujui oleh Ketua Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon.

Kegiatan ini sekaligus sebagai tindak lanjut ditemukannya tiga kasus positif dilingkungan Lapasustik Gintung.

\"Kita agendakan hari ini selesai. ada 670-an warga binaan yang akan kita swab, Disini sebelumnya ditemukan tiga kasus dari pegawai, satu sudah dinyatakan sembuh dan dua masih isolasi,\" ungkapnya. (dri)

Baca juga: Jadwal Tawuran Geng Motor di Jl Pagongan, Rabu dan Kamis Malam

Tags :
Kategori :

Terkait