Panongan Lor Bermimpi Punya Stadion Sepak Bola

Senin 25-01-2021,13:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON – Suasana sejuk dan asri menyelimuti Desa Panongan Lor, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon kala tim Gowes Cirebon Katon menyambangi kawasan itu, Sabtu (23/1).

Pantas saja, desa yang dikelilingi areal persawahan, kebun dan hutan jarang dilalui kendaraan bermotor dengan kapasitas besar.

Agus Syamsah selaku kuwu setempat sadar, suasana yang ada di desanya ini bisa menjadi potensi unggulan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kepada Radar, Agus menuturkan, di awal dirinya menjabat sebagai Kuwu Panongan Lor pada tahun 2013 langsung melakukan inventarisasi potensi yang ada di desa tersebut. Hasil inventarisasi didiskusikan dengan para sesepuh dan tokoh masyarakat serta unsur pemerintahan. Sebagai dasar pembuatan program kerja yang sesuai dengan aspirasi masyarakat.

Program yang saat ini tengah dikejar oleh Pemerintah Desa Panongan Lor adalah membangun stadion sepak bola dan sarana pendukung lainnya. Alasannya, kondisi udara sejuk ini, cocok untuk pengembangan olahraga. “Minat sepak bola di sini sangat tinggi. Bahkan, kami punya tim sepak bola sendiri,” katanya.

Apalagi, lanjut dia, di Kecamatan Sedong belum ada desa yang mempunyai lapangan sepak bola yang bagus. “Kalau wisata alam setiap desa punya. Tapi, membangun sarana olahraga yang representatif belum ada. Ini sebuah peluang yang bagus,” imbuhnya.

Sejauh ini, dirinya sudah mengirimkan proposal pembangunan stadion ke sejumlah instansi pemerintah, baik kabupaten, provinsi dan pusat. Alhasil, berdasarkan kabar dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) tahun ini sudah bisa terealisasi. “Alhamdulillah, proposal sudah mendapat disposisi, semoga tahun ini sudah bisa dibangun,” ungkapnya.

2

Dalam proposal yang diajukan, tidak hanya stadion. Tapi, gedung serbaguna dan sarana lainnya pun turut dalam program tersebut. “Kita juga ajukan gedung, jogging track dan lainnya,” paparnya.

Rencananya, apabila semua pembangunan ini jadi, hasil pengelolaannya bisa menjadi sumber pendapatan desa. “Nanti bisa dikelola oleh BUMDes atau badan lainnya,” beber Agus.

Dia berharap, apa yang tengah direncanakan untuk kemajuan Desa Panongan Lor bisa terwujud. “Semoga tujuan yang mulia ini bisa terlaksana dengan baik,” pungkasnya. (jun)

Tags :
Kategori :

Terkait