Sah, Jenderal Listyo Sigit Resmi Dilantik Jokowi

Rabu 27-01-2021,10:37 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

JAKARTA – Komjen Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik sebagai Kepala Kepolisian RI (Kapolri) di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (27/1/1).

Sigit dilantik berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor 7 Polri Tahun 2021 Tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang ditetapkan pada 27 Januari 2021. Sigit membaca sumpah jabatan yang dipandu Jokowi.

Baca juga: Aturan Baru untuk Penumpang Kereta Api Jarak Jauh, Wajib Disimak

“Demi Tuhan Yang Maha Esa saya menyatakan berjanji dengan sungguh-sungguh, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Jokowi yang diikuti Sigit.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung Tribrata,” lanjut Sigit masih mengikuti Jokowi.

Baca juga: Sebelum Ramadan Atta dan Aurel Menikah

Sigit lalu menandatangani berita acara pengangkatan sebagai Kapolri yang didampingi dua saksi, yakni Mendagri Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

2

Sigit dilantik sekitar pukul 09.00 WIB. Listyo Sigit ditunjuk Jokowi menggantikan Idham Azis yang akan pensiun pada 1 Februari mendatang. Ia ditetapkan setelah melalui fit and proper test oleh Komisi III DPR 20 Januari lalu. (dal/fin)

Baca juga: Tragis, Istri Meninggal Susul Suami yang Tewas Tabrakan di Pantura Indramayu

Tags :
Kategori :

Terkait