Ini Bahayanya! Malas Minum Obat Darah Tinggi bagi Penderitanya

Kamis 04-02-2021,10:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

DARAH tinggi adalah salah satu penyakit kronis yang membahayakan. Akan tetapi, tidak sedikit dari penderitanya justru enggan mengontrol kondisi mereka dengan obat-obatan. 

Berdasarkan studi Belanda, hanya sekitar 20 persen dari penderita hipertensi, yang peduli dengan kondisi mereka.

“Sementara 20 persen lainnya, adalah mereka yang tidak sama sekali meminum obat-obatan khusus, yang diperuntukan bagi penderita,” kata Dr. Peter Blackestijn seperti dikutip dari American Heart Association.

Padahal, jika di luar kontrol, kondisi yang satu ini dapat mengancam nyawa mereka yang menderitanya. 

Sebut saja serangan jantung, stroke dan beberapa lainnya, adalah kondisi kesehatan yang kerap dikaitkan dengan hipertensi. 

Kapan Anda harus khawatir dengan kondisi Anda? Well, jika 130/80 adalah ukuran terendah seorang dengan kondisi ini, maka mereka dengan tensi 180/120 atau lebih, adalah mereka yang sesegera mungkin dianjurkan untuk mencari pertolongan medis. 

Jika diikuti dengan perubahan pada kemampuan mata untuk melihat, nyeri dada dan punggung, juga sulit untuk bernapas,  inilah yang oleh medis disebut sebagai hipertensi emergensi.

2

Anda penderita darah tinggi namun belum memiliki alat cek tensi mandiri di rumah? Anda mungkin ingin menyiapkannya mulai dari sekarang.(ruf/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait