Bambang Salurkan Bantuan Korban Banjir Indramayu, Dorong Gubernur Lakukan Sinkronisasi Penanggulangan Bencana

Sabtu 13-02-2021,10:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat diminta untuk melakukan penanganan secara menyeluruh terkait kejadian bencana alam yang terjadi di Jawa Barat akhir-akhir ini.

Hal tersebut disampaikan Legislator PDIP DPRD Jawa Barat, Bambang Mujiarto ST saat ditemui Radar, kemarin. Menurutnya, upaya penanggulangan bencana tidak boleh hanya saat peristiwa bencana terjadi. Melainkan harus menyeluruh sampai ke penyebab bencana.

“Jawa Barat ini salah satu wilayah yang terjadi bencana. Persoalan macam-macam, ada banjir, tanah bergerak sampai kekeringan saat musim kemarau. Ini tentu persoalan serius yang harus dicari solusinya agar tidak terjadi lagi di tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.

Menurut Bambang, dampak akibat bencana sangat besar kerugiannya. Mulai dari korban jiwa, harta hingga rusaknya infrastruktur pemerintah. Baik sarana dan prasarana umum maupun milik masyarakat. Akibatnya cost recovery sangat mahal.

“Pemerintah harus melakukan upaya-upaya pengurangan risiko bencana, agar efek atau damage bencana setiap tahunnya yang terjadi tidak menjadi besar. Tapi setiap tahun harus bisa diperkecil damage-nya,” imbuhnya.

2

Dalam penanganan bencana, semua pihak harus bersinergi dan bekerjasama. Upaya pengurangan resiko bencana dan penanganan bencana tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Harus dilakukansecara bersama-sama sesuai dengan kewenangan dan kapasitasnya.

“Dalam kasus banjir yang terjadi mayoritas terjadi dari luapan sungai, sungai-sungai kondisinya sudah tidak normal. Perlu normalisasi. Pengembalian fungsi asli bantaran sungai yang sekarang banyak digunakan untuk pemukiman dan difungsikan tidak sesuai dengan seharusnya,” jelasnya.

Bambang menyampaikan duka cita mendalam terhadap para korban terdampak bencana di Jawa Barat yang terjadibeberapa hari yang lalu. Ia secara khusus menerjunkan tim relawannya untuk mengirimkan bantuan untuk meringankan beban masyarakat.

“Kemarin kita kirimkan bantuan ke Indramayu, mudah-mudahan bisa meringankan saudara-saudara yang terdampak banjir. Kejadian ini harus dijadikan momentum untuk berbenah. Agar di tahun-tahunberikutnya tidak terjadi lagi,” katanya.

DPRD Jawa Barat sambung anggota Komisi V akan secara serius untuk mendorong Gubernur Jawa Barat untuk mendesak pihak terkait melakukan penanganan penanggulangan bencana di Indramayu secara menyeluruh dan berkesinambungan. (dri)

Tags :
Kategori :

Terkait