PPKM Mikro, Satgas Covid-19 Tingkat Desa dan Kelurahan Diminta Perkuat 3T

Sabtu 27-02-2021,19:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Guna mengendalikan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Cirebon, Satgas Covid-19 tingkat desa dan kelurahan diminta perkuat 3T (Testing, Tracing, dan Treatment).

Hal tersebut ditegaskan Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi saat meninjau Posko PPKM Mikro di Kelurahan Tukmudal dan Desa Ciperna, Sabtu (27/2).

Menurut Kombes Pol M Syahduddi, pengawasan dan penanganan setiap kasus Covid-19 di desa dan kelurahan juga dapat terkendali melalui 3T.

\"Kasus Covid-19 terhadap orang tanpa gejala atau OTG yang berpotensi semakin menambah luas penyebaran Covid-19 juga tidak berkeliaran bebas. Pasalnya, berkat testing dan tracing yang cepat membuat pasien terpapar Covid-19 segera diberikan treatment. Jika setiap kasus baru langsung ditangani dan tracing serta testingnya cepat, maka perkembangan Covid-19 dapat dikendalikan serta dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di desa atau kelurahan,\" ujarnya.

Kapolresta menuturkan, kondisi yang berbahaya adalah sedikitnya kasus di salah satu wilayah karena testing dan tracing kurang maksimal.

\"Kondisi semacam itu sangat berpotensi memperluas penyebaran Covid-19 akibat tidak diketahui siapa saja yang terpapar,\" tuturnya.

Kapolresta meminta kepada seluruh unsur yang terlibat di Satgas Penanganan Covid-19 Kelurahan Tukmudal dan Desa Ciperna menentukan kontak erat setiap pasien terkonfirmasi positif terpapar virus corona.

2

\"Nantinya, seluruh kontak erat tersebut dilakukan swab test untuk memastikan kondisinya. Bahkan, semakin banyak kontak erat yang ditemukan dari setiap kasus justru semakin bagus. Ada 20-30 orang langsung testing, sehingga hasilnya dapat diketahui, dan ketika ada yang positif langsung ditangani. Penanganannya juga beda antara pasien bergejala dan tidak bergejala,\" ungkapnya.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi berpesan kepada Satgas Penanganan Covid-19 Kelurahan Tukmudal dan Desa Ciperna agar terus meningkatkan pelacakan kontak erat pasien Covid-19 bersama petugas survailans puskesmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan lainnya.

\"Saya minta satgas tingkat kelurahan dan desa, tidak hanya mencatat data jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayahnya masing-masing. Namun, kontak erat yang terdata dan berapa banyak yang telah dilakukan testing juga turut dicantumkan di Posko PPKM Mikro Kelurahan Tukmudal dan Desa Ciperna,\" pungkasnya. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait