Kaki Gak Bisa Diam, Sensasi Tertusuk Jarum? Simak Penjelasannya

Sabtu 06-03-2021,21:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KEBIASAAN orang untuk menggerakan kakinya saat iseng, duduk atau sedang bekerja adalah hal yang terbilang lumrah dilakukan.  Namun apa yang terjadi ketika kebiasaan Anda ini, ternyata ditemani dengan sensasi menggelitik, ada yang merayap , hingga sensasi tertusuk jarum di telapak kaki? 

Sensasi itu baru hilang atau sekedar berkurang, setelah Anda menggerakan kaki? Restless legs syndrome (RLS), menurut WebMD, mungkin penyebabnya.

Ciri lain RLS adalah seperti seperti sensasi nyeri atau gatal pada kaki. Kondisi ini juga dapat menyebabkan area betis berkedut saat penderitanya tertidur

Menurut ahli, RLS umumnya  menunjukan kondisi memburuk ketika hari semakin malam. Penyebabnya, khususnya jika sudah kronis, adalah defisiensi zat besi. Pada kasus ringan, kondisi ini tidaklah membutuhkan perawatan medis. 

Tidur ekstra disebut sangat baik untuk meredakan efek kondisi yang disebabkannya. Kondisi ini sendiri oleh ahli, kerap dikaitkan dengan masalah kesehatan gangguan ginjal, radang sendi hingga diabetes.

Jika di atas adalah beberapa gejala yang Anda tunjukan, konsultasi dengan dokter sangat dianjurkan untuk mengenali penyebab dan solusinya.(fin)

Tags :
Kategori :

Terkait