Ratusan Personel Gabungan Siaga Amankan Ibadah Paskah di Kabupaten Cirebon

Kamis 01-04-2021,21:45 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Ratusan personel gabungan siap mengamankan gereja yang ada di Kabupaten Cirebon. Sebagai antisipasi aksi terorisme dan memberikan rasa aman kepada umat Kristiani saat melaksanakan ibadah Paskah pada Jumat (2/4).

Kesiapsiagaan tersebut ditunjukkan dengan gelar apel pasukan gabungan yang dipimpin langsung Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi didampingi Dandim 0620/Kabupaten Cirebon Letkol (Inf) Sugir di Mako Polresta Cirebon, Kamis (1/4).

Personel yang terlibat dalam apel pengamanan tersebut yakni Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, Polresta Cirebon, Satpol PP Kabupaten Cirebon dan sejumlah instansi terkait lainnya.

\"Sebanyak 750 personel gabungan kami sebar untuk melaksanakan pengamanan Paskah di 20 gereja dan 6 rumah ibadah yang akan digunakan ibadah umat Kristiani se-Kabupaten Cirebon. Sehingga diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi umat Kristiani saat menjalani perayaan Paskah,\" ungkap Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi didampingi Dandim 0620/Kabupaten Cirebon Letkol (Inf) Sugir ditemui radarcirebon.com usai apel, Kamis (1/4).

Dikatakan Kapolresta, pihaknya juga menerapkan beberapa pola pengamanan di gereja dan tempat ibadah.

\"Ya pola pengamanan kami menggunakan konsep pengamanan terbuka. Artinya yang berseragam, juga pengaman tertutup dan pola pengamanan patroli gabungan. Kami berkoordinasi dengan Kodim 0620/Kabupaten Cirebon untuk saling mem-backup kita menerapkan konsep body system, tidak ada petugas bertugas sendiri-sendiri minimal 2 orang atau lebih agar bisa saling mengamati,\" katanya.

Sementara itu, Dandim 0620/Kabupaten Cirebon Letkol (Inf) Sugir menuturkan, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon menerjunkan 400 personel dalam pengamanan Paskah.

2

\"Kami kerahkan kekuatan penuh membantu rekan-rekan Polri dalam pengamanan perayaan Paskah di gereja. Termasuk menempatkan anggota TNI di tiap Polsek-polsek jajaran Polresta Cirebon dalam mengantisipasi aksi terorisme,\" tuturnya. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait