Arsenal vs Liverpool, Pertaruhan Laga Tertua

Sabtu 03-04-2021,16:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

LONDON — Akhir pekan ini, Premier League kembali bergulir setelah jeda internasional. Big match Premier League pekan ini adalah pertemuan Arsenal menjamu Liverpool di Stadion Emirates, Minggu (4/4) dini hari WIB. Kedua tim belum benar-benar memuaskan di musim ini.

Skuad Mikel Arteta masih terdampar di urutan kesembilan klasemen dengan 42 poin dari 29 laga. Sementara tim yang dilatih Juergen Klopp, yang berstatus juara bertahan, hanya berada di urutan keenam.

Arsenal sempat ketar-ketir ketika laga Premier League melawan West Ham United. Pemain West Ham, Jesse Lingard, tancap gas sejak awal sebelum jeda internasional.

Lingard mengobrak-abrik pertahanan tuan rumah, mengemas satu gol dan satu assist untuk membawa tim tamu unggul 3-0 hingga menit ke-32. Tapi, The Gunners segera bereaksi setelah itu dengan memperkecil skor melalui gol bunuh diri Thomas Soucek dan Craig Dawson. Lalu, Alexandre Lacazette di delapan menit jelang bubaran memaksa kedua tim bermain sama kuat 3-3.

Warning bagi Arsenal! Seperti halnya dengan Arsenal di Liga Europa, harapan sukses Liverpool di kompetisi antarklub Eropa masih terjaga. Mereka meraih kemenangan agregat 4-0 atas RB Leipzig di babak 16 besar Liga Champions, meski sekarang harus mengalahkan Real Madrid di perempat final. Prestasi ini harus jadi pembanding Arsenal jika ingin menang.

Nah, laga kedua tim raksasa dini hari nanti WIB tersebut, jadi salah satu pertemuan tertua dalam sepak bola Inggris. Arsenal dan Liverpool telah bermain dalam 232 pertandingan. The Reds —sebutan Liverpool- unggul tipis dengan 90 kemenangan.

Sementara The Gunners telah mengalahkan Liverpool pada 81 kesempatan. Tapi dalam enam pertemuan terakhir, kedua tim sangat berimbang dengan berbagi dua kemenangan dan dua imbang. Meski salah satu kemenangan tim London didapat melalui adu penalti.

2

Manajer Arsenal, Mikel Arteta berharap, Bukayo Saka tersedia setelah pemain sayap itu ditarik dari skuad Inggris karena masalah kebugaran. Emile Smith Rowe juga diragukan usai cedera bersama Timnas Inggris U-21 di Euro U-21.

“Kinerja kami ditentukan melawan Liverpool. Laga yang selalu dinantikan,” kata Arteta.

Sementara di kubu Liverpool, mereka tidak diperkuat Virgil van Dijk, Joe Gomez, Joel Matip, dan Jordan Henderson yang masih cedera panjang. Roberto Firmino kembali berlatih dan dia mungkin akan siap melawan Arsenal.

“Ini panggung kami. Melawan Arsenal adalah laga spesial. Semua orang menantikannya. Pastinya kami tidak akan tinggal diam,” kata pelatih Liverpool, Juergen Klopp. (mid)

Tags :
Kategori :

Terkait