Haedar: Pancasila Jangan Sebatas Retorika

Senin 05-04-2021,19:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

JAKARTA-Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menerima silaturahmi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Haedar mengatakan bahwa silaturahim ini sudah lama diagendakan. Pertemuan tersebut merupakan ajang diskusi dan silaturahim mengenai kebangsaan dan kenegaraan.

“Tentu dalam dua perspektif yang berbeda. Satu dari Mas AHY dari aspek politik sebagaimana posisinya sebagai ketua umum Partai Demokrat dan kami (Muhammadiyah) dari perspektif kemasyarakatan dan kebangsaan yang tentu tidak masuk ke arena partai politik,” tutur Haedar, Sabtu (3/4).

Dalam kesempatan tersebut Haedar berpesan tentang kondisi bangsa ini yang secara umum bahwa kehidupan kebangsaan kita masih ada di dalam koridor demokrasi dan konstitusi.

Tetapi disatu sisi juga menghadapi sejumlah masalah dalam kehidupan berdemokrasi dimana ada politik yang transaksional, politik yang cenderung oligarki, politik yang sampai batas tertentu oportunistik dan nir etika.

Selanjutnya, dalam konteks kehidupan kebangsaan maupun politik yang menjadi arena partai politik, Haedar menegaskan, semua pihak harus berdiri tegak di atas konstitusi.

Haedar juga menegaskan pentingnya Pancasila sebagai rujukan bangsa kita termasuk di dalam politik. “Jangan sampai Pancasila berhenti pada lisan, tulisan, dan retorika,” terngnya.

2

Pesannya pada Partai Demokrat dan semua elite politik yakni Pancasila sebagai political behaviour menjadi pola perilaku politik yang didasarkan pada nilai-nilai pancasila. (khf/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait