Hilal Tidak Terlihat di Pantai Baro Gebang, Besok Puasa?

Senin 12-04-2021,19:05 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Pemantauan Rukyatul Hilal oleh Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kabupaten Cirebon di Pantai Baro Gebang pada Senin sore (12/4) namun tidak terlihat.

Kendati demikian, BHRD Kabupaten Cirebon memastikan awal puasa Ramadan besok (13/4), karena berdasarkan pemantauan didaerah lain seperti Kediri, Jember, Jombang telah melihat hilal.

Ketua BHRD Kabupaten Cirebon, Dr KH Samsudin kepada Radar mengatakan hasil pemantauan hilal yang dilakukan, pihaknya tidak melihat hilal. “Kondisinya nampaknya sulit melihat karena tertutup awan yang cukup tebal,” ujarnya.

Namun pihaknya telah mendapatkan kabar jika daerah lain yang melakukan pemantauan hilal telah melihat. “Kaya Kediri, Jombang, dan Jember itu telah melihat hilal,” tuturnya.

Sehingga bisa dipastikan awal puasa Ramadhan akan dilaksanakan pada Selasa (13/4).

“Insya Allah besok puasa Ramadhan, meskipun kita harus melihat sidang itsbat oleh Kementerian Agama yang aman dipimpin oleh Menteri Agama,” ujarnya.

Sementara itu, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Lembaga Falakiyah PBNU mengumumkan awal Ramadan 1442 H jatuh pada esok, Selasa, 13 April 2021.

2

Keputusan tersebut didasarkan atas hasil rukyatul hilal pada Senin (12/4) petang di sejumlah tempat.

\"Atas dasar rukyatul hilal tersebut dan sesuai pendapat al-aimmatil arba\'ah atau madzahibil arba’ah (empat mazhab), dengan ini, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengikhbarkan, memberitahukan bahwa awal bulan Ramadhan 1442 Hijriyah jatuh pada hari Selasa tanggal 12 April tahun 2021 Masehi,\" kata Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, pada Senin (12/4). (den)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait