Awas! Perangkat Elektronik yang Rentan Rusak Akibat Petir

Kamis 15-04-2021,09:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CUACA belakangan ini sedang tidak bersahabat. Dari panas yang terik, langit bisa tiba-tiba berubah, dan menciptakan hujan dan petir. Bicara petir, pernahkah Anda mendengar anjuran untuk mencabut perangkat elektronik di rumah, sebelum hujan dan petir memburuk?

Ternyata, hal ini bukanlah hisapan jempol belaka, karena menurut ahli, perangkat elektronik rumah, cukup rentan rusak akibat petir, jika mereka tidak dilindungi oleh protektor lonjakan arus. 

TV, komputer, konsol game, sebagaimana dilansir Strike Check, adalah beberapa perangkat elektronik yang paling rentan, terhadap lonjakan arus yang disebabkan sambaran petir. 

Sebab itu, penting bagi pemilik rumah untuk menggunakan pelindung lonjakan arus berkualitas, untuk menurunkan risiko yang tidak diinginkan. 

Di luar itu, melepas kabel colokan perangkat elektronik dari soket di dinding, adalah salah satu cara ampuh agar terhindar dari risiko yang dimaksud. 

Mencabut kabel-kabel perangkat elektronik, sangat dianjurkan sebelum hujan dan petir terjadi, khususnya bagi mereka yang tinggal di area dengan curah hujan yang tinggi.(ruf/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait