Tips Membuka Usaha Sambil Berkuliah

Jumat 16-04-2021,11:18 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

SALAH satu tren yang saat ini banyak dilakukan kalangan mahasiswa adalah dengan membuka bisnis. Mereka biasanya membuka usaha kecil – kecilan. Meski demikian, pendapatan yang dihasilkan cukup menjanjikan.

Salah satu tips usaha sambil kuliah adalah dengan memanfaatkan kemampuan yang dimiliki. Bisa menjadi seorang web designer, menjadi penulis, fotographer, berjualan online atau yang lainnya. Semua usaha seperti itu mulai banyak dilakukan karena biasanya membutuhkan modal yang kecil. Jumlah yang masih terjangkau untuk mahasiswa.

Namun demikian, masalah utama dari membuka usaha ketika masih kuliah adalah manajemen waktu. Tidak bisa dihindari ketika sudah membuka bisnis maka Anda harus membagi waktu dengan baik. Ada beberapa tips usaha sambil kuliah yang bisa Anda coba lakukan.

1. Manajemen Waktu yang Baik

Seperti sudah disinggung sebelumnya, management waktu menjadi hal yang penting disini. Dengan membuka usaha maka seorang mahasiswa akan menambah satu lagi kesibukannya. Jika tidak ingin ada yang keteteran maka management waktu yang baik perlu dilakukan.

Itulah mengapa kebanyakan mahasiswa lebih memilih membuka usaha dengan waktu yang fleksibel. Salah satunya adalah dengan mengambil pekerjaan freelance. Hal ini karena para mahasiswa lebih bisa mengatur jadwal dengan bebas.

Meski demikian, kunci utama dari management waktu ini adalah untuk konsistensi. Dengan menjaga konsistensi tersebut maka bisa terus menghidupkan usaha yang sedang dikerjakan.

2

2. Memiliki Target yang Jelas

Tips usaha sambil kuliah lainnya yang perlu diperhatikan adalah masalah target. Hal ini akan sangat membantu karena bisa mengendalikan dan menjadi patokan ketika Anda memulai usaha. Dengan adanya target maka Anda bisa menentukan langkah apa yang pas dan cocok untuk mencapainya.

Target di sini termasuk seperti apa pasar yang akan dituju, apa yang ingin Anda dapatkan, dan lainnya. Dengan sadar akan hal semacam itu dari awal maka Anda bisa dengan mudah menentukan langkah – langkah lainnya.

Terlebih jika Anda adalah mahasiswa, maka target ini juga akan membantu dalam menentukan skala prioritas. Anda tentu akan dihadapkan dengan pilihan kuliah atau bisnis. Dengan adanya target ini maka kedua hal tersebut bisa jalan dengan beriringan.

3. Memilih Jenis Usaha yang Tepat

Tentu tips usaha sambil kuliah yang paling penting adalah masalah memilih jenis usaha. Jenis usaha yang sangat cocok dengan mahasiswa adalah segala sesuatu yang bisa dikerjakan dengan online. Hal ini karena usaha tersebut bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja.

Dengan memiliki usaha online maka Anda tidak akan terikat dengan tempat. Dimanapun Anda berada usaha Anda tetap bisa dilakukan. Selain itu bisnis online juga bisa menjangkau pasar yang sangat luas. Ini akan memudahkan Anda untuk menjangkau banyak calon konsumen.

Modal yang dibutuhkan juga relatif cukup murah. Untuk membuka sebuah bisnis online maka modal penting yang diperlukan adalah hosting. Saat ini sendiri ada banyak penyedia hosting terbaik Indonesia. Satu diantaranya adalah Niagahoster.

Tags :
Kategori :

Terkait