IHSG Diperkirakan Lanjut Menguat

Kamis 29-04-2021,23:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

LAJU Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (29/4). diprediksi melanjutkan penguatan, setelah kemarin berhasil rebound dan berakhir menguat 0,25 persen ke level 5.974. Analis PT Binaartha Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama mengungkapkan, saat ini indikator MACD dan Stochastic telah berhasil membentuk pola golden cross. Berdasarkan rasio fibonacci, IHSG memiliki rentang support-resistance di level 5.940-6.027.

“Di sisi lain, terlihat pola bullish inside bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG , sehingga indeks berpeluang menuju level resistance,” ucap Nafan, dalam hasil risetnya, Kamis (29/4).

Dengan demikian, jelas Nafan, adanya potensi penguatan lanjutan IHSG pada perdagangan hari ini bisa direspons dengan mengakumulasi pembelian saham ASII, BBNI, DOID, GJTL, MAPI dan PSAB.

Proyeksi senada juga disampaikan analis PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI), Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah. Ia menyebutkan pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini berpotensi menguat untuk menuju target resistance di level 6.019.

Menurut Lanjar, pada perdagangan kemarin pergerakan IHSG mampu bertahan di atas level support dan berpotensi untuk melanjutan penguatan, jika melihat momentum indikator RSI dan Stochastic yang berada di area jenuh jual.

Lebih lanjut Lanjar menyebutkan, potensi golden-cross terlihat pada indikator Stochastic dan MACD yang undervalue. “Sehingga secara teknikal, IHSG berpotensi untuk melanjutkan proses penguatan, dengan support-resistance di level 5.939-6.019,” ujar Lanjar.

Di tengah peluang terjadinya penguatan pada laju IHSG hari ini, Lanjar menyodorkan sejumlah saham yang bisa dimainkan pelaku pasar, yakni ANTM, BBRI, BBTN, BMRI, CPIN, HMSP, HRUM, INDY, PGAS dan SCMA.

2

Sementara itu, Tim analis MNC Sekuritas memperkirakan, IHSG berpeluang menguat menguji area 6.000 pada perdagangan hari ini.

Tim analis MNC Sekuritas menyebutkan posisi IHSG saat ini sudah berada di akhir wave, sehingga meskipun terkoreksi akan relatif terbatas untuk menguji area 5,927-5,950.

Pergerakan Indeks diperkirakan berpeluang menguat untuk menguji area 6,000-6,030 terlebih dahulu, penguatan IHSG akan terkonfirmasi bila mampu bergerak di atas 6,115.

“Level support indeks 5,880, 5,735, sedangkan level resistance 6,115, 6,230,” papar Tim Analis MNC Sekuritas.

Adapun beberapa saham yang direkomendasikan yaitu ISAT, INCO, INKP, BRIS. (fin)

Tags :
Kategori :

Terkait