Jelang Lebaran, Pengiriman Uang dan Paket lewat Pos Indonesia Meningkat

Senin 10-05-2021,22:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Jelang Lebaran, pengiriman uang dari para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di sejumlah negara mengalami peningkatan melalui jasa PT Pos Indonesia di sejumlah daerah.

Seperti halnya di Kantor PT Pos Indonesia Cirebon, Jl Yos Sudarso, Kota Cirebon. Di Kantor PT Pos Indonesia Cirebon pengiriman uang saja mengalami peningkatan sebesar 25,70 persen dengan nominal mencapai Rp38 miliar lebih.

Kenaikan juga dialami pada pengiriman paket. Dari biasanya sebanyak 4.800 paket per bulan, jelang Lebaran meningkat sebanyak 5.200 paket atau naik sebesar 13,06 persen.

Sebagian besar TKI mengirimkan uang melalui Western Union PT Pos Indonesia untuk keluarga mereka di tanah air guna keperluan Hari Raya Lebaran.

Rata-rata setiap pengiriman uang antara Rp4,5 juta hingga Rp7 juta per pengiriman uang. Sebagian besar pengiriman uang ini didominasi dari TKI yang berada di negara Uni Emirat Arab, Malaysia, Singapura dan Hongkong.

Doni, salah satu keluarga TKI ditemui radarcirebon.com di Kantor PT Pos Cirebon mengatakan, kiriman uang dari keluarganya yang bekerja di Arab akan digunakan untuk keperluan Lebaran.

\"Iya mas mau ambil tranaferan dari keponakan saya yang kerja di Arab. Kirim uang ini buat keperluan Lebaran dan keperluan keluarga. Sekarang lagi proses pencairan,\" katanya, Senin (10/5).

2

Sementara itu, Kepala Kantor PT Pos Indonesia Cirebon, Ade Novel menuturkan, kenaikan pengiriman uang dari TKI di luar negeri ke dalam negeri meningkat sebesar 25,70 persen atau mencapai Rp38 miliar dibanding dari bulan-bulan biasanya rata-rata sebesar Rp30 miliar.

\"Untuk uang dari luar ke dalam negeri alhamdulilah ada kenaikan. Kalau hari-hari biasa bulan sebelumnya Rp30 miliar. Dalam masa Ramadan ini menjadi Rp38 miliar. yah naik sebesar 25 persen dibanding periode sama naik 2 persen. Penerimaan rata-rata Rp4.5 sampai Rp7 juta. Paket juga alhamdulillah naik dari semula rata-rata 4.800, sekarang jadi 5.200 paket, naik 13.06 persen,\" tuturnya. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait