Kerumunan Ancol Juga Disandingkan dengan Sungai Gangga Pemicu Tsunami Covid-19 di India

Minggu 16-05-2021,09:30 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Kerumunan di sejumlah lokasi wisata di Indonesia jadi sorotan. Selain Pantai Pangandaran, foto di Ancol juga disebut mirip seperti di Sungai Gangga, India.

Masifnya kerumunan di tempat wisata memicu kekhawatiran tsunami covid-19 di India bakal terjadi di Indonesia. Sehubungan kerumunan itu benar-benar mengabaikan protokol kesehatan.

Situasi ribuan pengunjung Pantai Ancol kemarin menjadi perhatian netizen atau warganet.

Sejumlah warganet mengunggah kekhawatiran mereka akan ledakan kasus Covid-19 dan membandingkannya dengan ritual agama di Sungai Gangga, India, yang menjadi cikal bakal meledaknya kasus Covid-19 di negeri itu.

Unggahan warganet disertai dengan foto-foto perbandingan antara situasi pantai Ancol dengan Sungai Gangga.

Festival mandi massal di Sungai Gangga atau yang disebut Festival Kumbh Mela disebut sebagai super spreader tsunami Covid-19 di India.

Ribuan orang kala itu berkumpul bersama di kota Haridwar untuk mengikuti festival keagamaan tersebut.

2

Tidak ada sama sekali penerapan protokol kesehatan menjaga jarak dan bahkan memakai masker. Kasus Covid-19 India meledak. Sungai Gangga kini dipenuhi mayat pasein Covid-19.

Sementara itu, seperti diberitakan, pengunjung Taman Impian Jaya Ancol sudah dibatasi hanya 30% dari kapasitas maksimal, yakni 40.000 dari normalnya 120.000 orang.

Kondisi Kamis (13/5/2021), kawasan wisata di bagian utara Jakarta ini dikunjungi sekitar 30.000 orang.

Sedangkan pada Jumat (14/5/2021) Ancol dikunjungi 40.000 orang atau sampai batas maksimal pengunjung di masa pandemi. Karena itu, pihak pengelola sempat menerapkan sistem buka tutup.

Manajemen Taman Impian Jaya Ancol sendiri akhirnya menghentikan operasi kawasan tersebut pada hari ketiga libur Lebaran 1442 Hijriah, atau Sabtu (15/5/2021). (yud)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait