PKB Kabupaten Cirebon Gelar Aksi Solidaritas Bela Palestina

Senin 17-05-2021,19:45 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menginstruksikan seluruh kadernya untuk melakukan gerakan membela Palestina. Serta mengutuk keras agresi militer Israel terhadap warga sipil di seluruh wilayah pendudukan Palestina.

Gerakan aksi Palestina Kami Bersamamu merupakan seruan aksi serentak kepada seluruh tingkatan dan kader PKB di setiap daerah. Termasuk Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Cirebon.

Ketua DPC PKB Kabupaten Cirebon Raden Hasan Basori menegaskan, tindakan yang dilakukan tentara sekutu Islrael sudah melanggar Hak Asasi Manusia dan tidak dapat ditoleransi lagi.

\"PKB, Palestina Kami Bersamamu, bentuk sikap kepedulian kami kepada warga sipil yang di Palestina. Kami kader PKB Kabupaten Cirebon sangat prihatin dengan kejadian di sana,\" tegasnya ditemui di sela aksi solidaritas untuk Palestina, di depan Sekertariat DPC PKB Kabupaten Cirebon, Kecamatan Sumber, Senin (17/5).

Selain melanggar HAM, Hasan mengungkapkan, tindakan Israel kepada Palestina sudah melukai semua umat muslim di dunia. Termasuk di Indonesia dan Kabupaten Cirebon.

\"Setidaknya kami mengajak warga Kabupaten melalui pembagian flayer ini, untuk mendoakan bersama saudara kita di sana di Palestina,\" ungkapnya.

Selain bersama anggota fraksi PKB DPRD Kabupaten Cirebon, menurut Hasan, PKB Kabupaten Cirebon menggandeng komunitas motor gede Xmax.

2

\"Aksi solidaritas untuk Palestina ini Kami ajak para pemuda yang tergabung dari komunitas moge Xmax. Selain membagikan statemen dukungan terhadap kemerdekaan Palestina kepada pengguna jalan, aksi ini juga diisi dengan doa bersama,\" ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Jawa Barat Syaiful Huda menginstruksikan seluruh kader dan pengurus DPC di seluruh Jawa Barat melakukan aksi solidaritas untuk Palestina.

\"Tindakan yang dilakukan oleh Israel ini telah jelas-jelas melanggar hak asasi manusia, kejahatan kemanusiaan serta melanggar kehormatan bangsa Palestina,\" ucap Huda dalam kegiatan Halal Bihalal Idul Fitri 1442 H yang dilaksanakan secara virtual, Minggu (16/5)

Dijelaskan Huda, hingga saat ini militer Israel terus membombardir sejumlah wilayah di Palestina baik melalui serangan udara maupun artileri di sepanjang perbatasan jalur Gaza.

\"Menurut beberapa sumber,  jumlah korban tewas dari warga sipil Palestina akibat serangan udara Israel mencapai 181 orang termasuk di antaranya perempuan dan anak-anak. Saya mewakili seluruh pengurus PKB Jawa Barat sangat prihatin atas kondisi yang sedang dihadapi oleh saudara kita di Palestina,\" jelasnya.

Huda mendesak Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk turun tangan akan bisa menyelesaikan konflik antara Israel - Palestina.

\"Kita mendesak PBB agar segera turun tangan menyelesaikan konflik ini. Perlu adanya langkah nyata untuk menyatakan solidaritas kemanusiaan untuk masyarakat Palestina di tengah agresi militer Israel itu,\" ucapnya.

Untuk itu, dirinya menginstruksikan pengurus dan kader DPC PKB se-Jawa Barat untuk melaksanakan aksi solidaritas Palestina di seluruh daerah dengan berbagai cara dan bentuknya. Namun, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah kerumunan dan penularan Covid-19.

Tags :
Kategori :

Terkait