Pembangunan Menara Kujang Disorot

Kamis 27-05-2021,13:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

“Itu pun penting, tapi urgensinya dari APBD Provinsi saya kira itu bukan hal yang prioritas. Terlebih tidak ada pada prioritas menurut RPJMD,” tuturnya.

Ia menyampaikan, seharusnya konsep pariwisata itu diletakan pada Grand Desain yang lebih besar. Yaitu konsep pariwisata Jawa Barat. Bahkan diletakan pada konsep pariwisata Nasional. Bahkan, sambung dia, Jabar sendiri sudah punya rencana induk pembangunan pariwisata dan itu memang dorongannya kesemua Kabupaten/Kota di Jabar. Namun, itu pun harus dilihat akses jarak jalannya.

“Jadi kita itu membutuhkan akses-akses baik itu jalan, rel kereta kemudian pintu tol, bandara itu yang bisa memudahkan wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk mengakses destinasi wisata di Jabar,” katanya.

Ia menjelaskan, saat ini destinasi di Jabar sudah cukup banyak. Bahkan setiap kabupaten/kota punya. Tetapi akses jalannya ketinggalan. Banyak wilayah-wilayah tempat wisata di selatan pum masih sulit untuk di akses.

“Secara psikologis wisatawan itu kalau ingin mengakses ke lokasi itu maksimal 2 jam perjalanan saja. Di luar itu sebenarnya sudah membuat rasa jenuh di perjalanan,” jelasnya. Ia pun melihat, pembangunan di Jatigede kalau melihat kondisinya hambatan pertamanya ialah naik turun permukaan air.

“Permukaan air di Jatigede ini kalau di musim penghujan itu penuh. Seluruh kawasan tertutup sehingga menjadi pemandangan yang indah,” katanya.

“Tetapi jika di musim kemarau, Jatigede bisa surut sampai 100 meter. Nah sebaliknya menimbulkan air bekas-bakas bangunan yang sudah ditenggelamkan,” paparnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat meninjau lokasi yang akan menjadi landmark pariwisata kawasan Jatigede di Kabupaten Sumedang, mengatakan landmark yang akan diberi nama ‘Menara Kujang Sapasang’ tersebut diharapkan dapat menggeliatkan sektor pariwisata Sumedang.

2

“Intinya sayang sekali kalau Jatigede seluas ini dan seindah ini tidak memberi nilai tambah bagi warga,” ucapnya. (win)

Tags :
Kategori :

Terkait