Lansia di Kesunean Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua

Senin 31-05-2021,19:15 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Puskesmas Kesunean dan Posbindu Wijaya Kusuma, Kota Cirebon melaksanakan penyuntikan vaksin Covid 19 dosis kedua bagi masyarakat lanjut usia (lansia).

Penyutikan vaksin Covid-19 berlangsung di di Baperkam RW 01 Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk Senin (21/5).

Penanggung Jawab Program Vaksinasi Puskesmas Kesunean, Yeti Sumiyati mengatakan,  pelayanan dosis kedua di RW 01 Kasepuhan tersebut sasarannya sebanyak 41 jiwa.

Namun, pihaknya tetap membuka untuk lansia yang usianya di atas 60 tahun.

“Lansia yang belum disuntik vaksin dosis kedua tetap kami buka pelayanan, barangkali ada yang belum sempat, bisa divaksin,” kata dia.

Disebutkan dia, partisipasi warga khususnya lansia di Kelurahan Kasepuhan ini cukup kooperatif.

Komunikasi antara kader Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Wijaya Kusuma dengan pihak puskesmas cukup baik, sehingga membantu sosialisasi terkait vaksinasi.

2

Menurut Yeti, kader Pos Binaan Terpadu (Posbindu) menjemput warga lansia ke rumah.

\"Kami berkoordinasi dengan kader untuk sasaran yang belum tersosialisasi, kader bahkan sampai menjemput warga,\" ujarnya.

Terkait masih adanya lansia yang tunda vaksin pada dosis pertama,  Yeti menyebutkan, karena lansia tersebut memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

Yeti menegaskan, vaksin Covid-19 tidak memilik efek samping. \"Yang dialami warga lansia setelah divaksin, kebanyakannya lemas dan mengantuk saja, itu wajar,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Posbindu Wijaya Kusuma Kelurahan Kasepuhan, Nurlaeli mengungkapkan, pengurus DKM, RT, dan RW kelurahan setempat menjalani vaksinasi Covid-19, dan khususnya warga lansia.

“Tidak ada kendala berarti, alhamdulillah partisipasi cukup baik, kami terus memberikan pemahaman dan sosialisasi terkait vaksinasi ini,” ungkapnya. (rdh)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait