Awas! Terlalu Sering Konsumsi Telur Asin Bisa Sangat Berbahaya

Rabu 02-06-2021,17:00 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

JAKARTA - Telur asin yang dihidangkan dengan nasi hangat memang sangat nikmat. Tapi bagi yang doyan telur asin, tetap harus waspada.

Ada risiko kesehatan yang muncul jika terlalu sering mengonsumsi telur asin. Menurut laman Genpi.co, hal ini karena telur asin mengandung natrium (sodium) dan kolesterol yang tinggi.

Makanan yang mengandung banyak garam berarti mengandung natrium dengan kadar tinggi. Kandungan natrium yang tinggi biasanya ditemukan dalam makanan siap saji dan makanan olahan atau kemasan.

Telur asin juga termasuk makanan yang tinggi natrium. WHO (World Health Organization) atau Lembaga Kesehatan Dunia menyarankan asupan garam hanya 5 gram (setara dengan natrium 2.000 mg) per hari.

Jarang sekali seseorang bisa mengalami kekurangan natrium, kecuali bila menderita diare, kekurangan gizi, dan gagal jantung.

Sebaliknya, terlalu banyak natrium juga jelas tidak baik bagi kesehatan dan bisa menimbulkan berbagai gangguan. Berdasarkan sejumlah studi, pola makan yang tinggi kandungan garam, termasuk terlalu sering mengonsumsi telur asin, bisa meningkatkan risiko kanker lambung.

Tags :
Kategori :

Terkait