Tahun Ini Indonesia Tidak Berangkatkan Jamaah Haji

Kamis 03-06-2021,14:19 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Jamaah haji Indonesia resmi tidak berangkat tahun ini. Hal itu diumumkan pemerintah melalui Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Kamis, 3 Mei 2021.

\"Pemerintah melalui Kementerian Agama menerbitkan keputusan Menag RI Nomor 660 tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H 2021 M,\" kata Menag Yaqut dalam konferensi pers yang disiarkan secara langsung.

Seperti diketahui, hanya 11 negara yang diperbolehkan masuk ke Arab Saudi sesuai dengan ketentuan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Arab Saudi. Negara yang dizinkan adalah Amerika Serikat, Jepang, hingga Uni Emirat Arab. Sementara Indonesia tidak masuk dalam daftar tersebut.

Daftar 11 negara yang sudah diizinkan masuk Arab Saudi:

  1. Amerika Serikat
  2. Inggris
  3. Irlandia
  4. Italia
  5. Jepang
  6. Jerman
  7. Prancis
  8. Portugal
  9. Swedia
  10. Swiss
  11. Uni Emirat Arab

Arab Saudi memang memperketat penerimaan jamaah haji untuk tahun ini dengan jamaah yang akan diterima yakni jamaah yang telah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dari vaksin yang telah menerima Emergency Use Listing Procedure (EUL) dari WHO.

Perkembangan terbaru Sinovac sudah mendapatkan EUL dari WHO. Namun, Indonesia tetap tidak mendapatkan izin masuk dari Pemerintah Arab Saudi.

Sementara itu, Menag mengakui, keputusan ini benar-benar pahit. \"Kami menyampaikan simpati yang setinggi-tingginya kepada jamaah haji Indonesia,\" tuturnya.

2

Menag mengungkapkan, keputusan ini adalah yang terbaik. Dan diharapkan dapat membawa kebaikan bagi bangsa Indonesia. \"Saya sebagai menteri agama hanya bisa berserah kepada Allah SWT,\" katanya. (yud)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait