6 Bulan setelah Diresmikan, Begini Kabar Pelabuhan Patimban

Sabtu 12-06-2021,14:45 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

SUBANG - Kurang lebih 6 bulan setelah diresmikan, kabar terbaru Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, sudah melayani rute domestik seperti Lampung hingga Pontianak.

Kepala Kantor KSOP Patimban, Hery Purwanto mengungkapkan Pelabuhan Patimban saat ini melayani angkutan LDF (Long Distance Ferry) kapal roll on - roll off atau RORO yang dikelola PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Saat ini rute penyeberangan yang dilakukan ke Pelabuhan Panjang di Lampung dan Pontianak.

Dengan adanya Pelabuhan Patimban, kini warga Subang dari wilayah Pantura, Jawa Barat dan sekitarnya bisa mengirim barang atau kendaraannya menuju Lampung atau Pontianak dengan lebih efisien.

\"Kalau dulu kan jauh harus ke Tanjung Priok dulu. Sekarang jadi dekat karena sudah ada Pelabuhan Patimban,\" jelasnya.

Pengguna layanan terbanyak saat ini adalah pengiriman barang dan logistic dari Jepara dan daerah sekitarnya. Adapun rute Lampung dilayani sebanyak dua kali seminggu dan Pontianak dua minggu sekali.

\"Mereka kirim barang pake truk, truk-nya naik kapal di Patimban,\" ungkapnya.

2

Hingga saat ini, Pelabuhan Patimban telah 59 kali melayani angkutan kendaraan. Diawali dengan penumpang naik hanya 1 (satu) orang dengan muatan 129 kendaraan di bulan Januari dan penumpang turun 36 orang dan bongkar kendaraan sebanyak 29 unit.

Selanjutnya tercatat 76 orang penumpang naik dengan muatan 212 kendaraan di bulan Februari dan 167 orang penumpang turun dengan bongkar kendaraan sebanyak 102 unit.

Selanjutnya, di bulan Maret penumpang naik bertambah menjadi 203 orang dengan muatan kendaraan sebanyak 419 unit dan penumpang turun sebanyak 208 orang dengan bongkar kendaraan sebanyak 166 unit.

Di bulan April penumpang naik 190 orang dengan muatan kendaraan sebanyak 353 unit dan penumpang turun sebanyak 201 orang dengan bongkar kendaraan sebanyak 131 unit.

Terakhir, bulan Mei penumpang naik tercatat sebanyak 202 orang dengan muatan kendaraan sebanyak 350 unit dan penumpang turun sebanyak 172 orang dengan bongkar kendaraan sebanyak 111 unit.

\"Jadi setiap bulannya sudah mulai ramai angkutan bongkar muat kendaraan ini,\" ungkap Hery. (yud)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait